KEBUMEN, Indotims.co.id – Menteri dan Olahraga () Imam Nahrawi melepas ribuan peserta Sepada Kebumen sebagai rangkaian Hari Ulang Tahun () ke-47 (Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri). Pelepasan ditandai dengan pengibaran bendara star didampingi Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, di Alun-alun Kebumen, Minggu (11/11) pagi.

Imam juga ikut bersepeda pada kegiatan yang menempuh jarak sekitar 20 km yang dimulai dari Alun-alun Kebumen dan finish di Pantai Petanahan. Rute yang ditempuh adalah Alun-alun Kebumen, Jalan Ronggowarsito Pejagoan, Jalan Kedaung, menuju Jalan Partigaan, Jalan Kedungsari mengarah ke jalan Dnendels, Jalan Lingkar Selatan. Kemudian peserta melalui Jalan Tanggulangin hingga finish.

Pada sambutannya, Imam bersyukur kerena bisa hadir bersama masyarakat di Kebumen dalam rangka Sepeda Nusantara. “Alhamdulilah saya bersykur bisa datang kemari (Kebumen) dalam rangka Sepeda Nusantara. Saya berkeliling ke seluruh Kabupaten Indonesia untuk menggerakan masyarakat agar sehat lewat Sepeda Nusantara. Saya senang di Kebumen pesertanya banyak,” ujar Imam.

Imam berharap, setelah acara ini semua masyarakat di Kabupaten Kebumen, baik yang tua hingga yang muda, termasuk anak-anak untuk tetap berolahraga. Karena dengan olahraga akan menyehatkan semuanya.

Menurut Imam, berolahraga itu bisa apa saja, belari, bersepeda, senam, jalan kaki. Yang terpenting dikatakanya semuanya menjadi sehat dan berkeringat.

Ditambahkanya dengan berolahraga maka kita bergembira dan menemukan suasana masyarakat yang lebih baik. Paling tidak setelah Subuh bersepedaan, jalan atau lari bisa bertemu sanak famili. Disitulah akan menguatkan rasa persaudaraan kita.

“Sepeda Nusantara ini kelanjutan dari kebiasaan . Kemana-mana Presiden selalu memberikan sepeda pada siapa saja. Presiden penyampaian pada saya untuk mengatakan masyarakat bersepeda. Siapa tahu masing – masing kabupaten punya hari bersepeda. Misalkan, Senin bersepeda di Kebumen. Jadi ke kantor atau keluar rumah bersepeda. Kalau ada anak-anak kita yang mau jadi atlet kita harus mendukungnya. Pemerintah terus memberikan dan kehormatan pada seluruh -pahlawan olahraga, ” tandas Imam.

Sebelumnya, Wakil Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz mengucapkan selamat datang kepada Menpora yang sudah hadir di Kebumen. “Pemerintah Kabupaten Kebumen mengucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri yang telah hadir di kota Kebumen ini. Mudah-mudahan kehadiran beliau membawa berkah bagi kita semua, “ ucap Yazid.

Menurut Yazid, kegiatan Sepeda Nusantara di Kebumen digelar dalam rangka memperingati ke 73 dan HUT Korpri ke-47 tahun 2018. Dengan memperingati HUT tersebut serta adanya gelaran Sepeda Nusnatara, diharapkan mampu mendorong masyarakat di Kebumen terus berolahraga.

Pada kesempatan itu Yazid, juga berterima kasih atas kedua dua atlet Asian Para Games asal Kabupaten Kebumen, yang telah mengharumkan nama daerah.

Famini yang turun di cabang atletik nomor lempar Cakram peraih satu medali perak dan Sutikno cabang catur nomor pertandigan catur cepat beregu dan catur clasik beregu mendaparkan dua perak.

“Kedua atlet ini sudah mengharumkan nama Kabupaten Kebumen. Semoga nanti dari Kebumen akan pula bemunculan atlet-atlet yang bisa membanggakan bagi Kabupaten Kebumen khususnya dan Indonesia pada umumnya,“ pungkas Yazid.