JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo secara resmi melepas Tim Nasional Indoesia yang akan berlaga di Homeless World Cup (HWC) 2023 di Sacramento, Amerika Serikat. Menpora Optimis tim Indonesia dapat raih restasi terbaik diajang tersebut, karena pernah tempai posisi empat besar.

“Kita melepas kontingen Indonesia yang akan mengikuti Homeless World Cup tahun ini. Ini adalah kejuaraan dunia untuk individu yang mengalami kondisi kurang beruntung secara sosial,” kata Menpora, saat melepas kontingen Merag Putih ini di Media Center Kemenpora, Jakarta, Rabu (5/7) malam.

Menpora optimis Timnas Indonesia akan meraih prestasi di ajang turnamen tersebut. Sebab, Indonesia pernah menduduki posisi keempat. Oleh karenanya, pada tahun ini Indonesia membidik target juara.

“Jumlah negara yang berpartisipasi sebanyak 44 negara. Terakhir HWC dilaksanakan di Wales pada 2019 sebelum terhenti karena pandemi Covid-19. Ini adalah targetnya juara,” ujar Menpora.

Karenanya Menpora meminta agar seluruh pemain dan pelatih untuk berjuang semaksimal mungkin. Kemudian juga bermain dengan sepenuh hati demi mencetak prestasi.

“Selamat bertanding, kalian berjuang demi Merah Putih di event dunia. Saya harap kalian bisa berjuang sepenuh hati dan meraih prestasi untuk kebanggaan Indonesia,” tandas Menpora.

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Rumah Cemara, Ardhany Suryadarma menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Menpora. Menurutnya seluruh tim Indonesia sudah siap untuk bersaing dengan negara lain di ajang HWC 2023 di Sacramento, Amerika Serikat.

“Terima kasih kepada bapak Menpora atas dukungannya sehingga Timnas Indonesia bisa berangkat mengikuti Homeless World Cup 2023 di Sacramento. Dengan waktu yang ada kami sudah mempersiapkan tim dengan sebaik mungkin,” terangnya.

Homeless World Cup merupakan turnamen tahunan sepak bola jalanan sedunia dengan misi perubahan sosial. Ajang ini memberi kesempatan bagi individu dengan kondisi kurang beruntung untuk menunjukkan kemampuan, membangun rasa percaya diri, dan mengubah hidup melalui sepak bola.

Diajang HWC 2023, tim Merah Putih membawa visi Indonesia tanpa stigma dengan tema fairness in opportunity atau keadilan dalam meraih kesempatan. Melalui tema itu, Indonesia ingin memberi inspirasi dan membangkitkan kesadaran akan pentingnya kesetaraan dan keadilan dalam masyarakat.

Selama di Sacramento, Indonesia akan bertanding melawan tim-tim dari seluruh dunia. Semua tim tidak hanya berkompetisi untuk mengejar prestasi, tapi juga memupuk rasa persatuan dan kebersamaan. Kompetisi tahun ini akan berlangsung dari 8-16 Juli 2023.

Rumah Cemara menjadi national organizer tim Indonesia untuk HWC. Rumah Cemara merupakan organisasi komunitas yang memimpikan Indonesia tanpa stigma dan diskriminasi, dimana semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk maju.