JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, melepas
Tim Nasional Garuda INAF U-23 ke ajang Tournament Artalive Challenge Cup Amputee Football 2023 di Malaysia.

Turnamen sepakbola internasional khusus penyandang disabilitas (Amputee atau amputasi pada bagian kaki) di Malaysia ini berlangsung 19-24 Juli mendatang. Ajang ini diikuti tiga negara yakni Indonesia, Banglades dan tuan rumah Malaysia.

Menpora dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mendukung penuh Keikut sertaan timnad INAF U-23 di ajan turnamen internasional ini.

Menurutnya ini merupakan bentuk dukungan pemerintah melalui Kemenpora terhadap setiap masyarakat Indonesia yang akan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

“Ini adalah bentuk bahwa Kemenpora sangat mendukung semua insan pemuda dan atlet yang mau membawa Merah Putih dan memberi prestasi untuk bangsa pasti Kemenpora hadir untuk mendukung,” ujar Menpora, saat melepas timnas INAF U-23 di Wisma Kemenpora, Senayan Jakarta, Selasa (18/7).

Menpora juga berharap semangat dan kerja keras dari timnas Garuda INAF U-23 menjadi inspirasi kepada seluruh masyarakat Indonesia dalam upaya mengharumkan dan membanggakan nama bangsa Indonesia di kancah internasional.

“Saya ingin ini (Timnas Garuda INAF) menjadi suatu prestasi yang nantinya bisa menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia, bahwa tiada batas dalam membanggakan Merah Putih,” kata Menpora.

Menurut Menpora , selama keinginan dan tekad bulat membara dalam hati, pasti akan ada jalan untuk mewujudkannya. Kemenpora akan selalu hadir memberikan dukungannya.

“Selama ada keinginan, semangat, tekad yang kuat didalam hati pasti ada cara untuk berprestasi. Pemerintah inginkan prestasi yang terbaik dan menanti hasil dari timnas Garuda INAF U-23 ini,” tandasnya.

INAF U-23 Indonesia berkekuatan 26 orang yang terdiri dari 14 atlet, 1 kepala pelatih, 7 perangkat pelatih dan 4 ofisial. Sebelumnya Garuda INAF telah melakukan pelatihan nasional selama 16 hari di Jakarta.

Pada ajang sepakbola Amputee, timnas Garuda INAF telah mengukir prestasi yang membanggakan, dimana pada tahun sebelumnya mereka tampil pada putaran final Piala Dunia Amputee.

Karenanya pada ajang Artalive Challenge Cup Amputee Football 2023 di Malaysia ini, mereka memasang target tampil sebagai juara. Di turnamen sebelumnya tahun lalu, Indonesia tampil sebagai runner up, setelah kalah di final dari tim Jepang.

Tahun ini peluang Indonesia lebih terbuka, menyusul mundurnya tim Jepang dari ajang turnamen ini.