JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menginginkan olahraga judo Indonesia bisa tampil ditingkat Olimpiade.

Karenanya, Menpora meminta Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) dibawah pimpinan Letjen TNI Maruli Simanjuntak untuk terus meningkatkan pembinaan atlet judo agar bisa tampil diajang bergengsi tersebut.

Hal tersebut disampaikan Menpora saat menerima kunjungan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) Letjen TNI Maruli Simanjuntak beserta jajarannya di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (8/3). 

“Siang ini saya menerima Ketua Umum PJSI. Saya memantau perkembangan judo, memang sangat luar biasa. Kita sampaikan supaya judo menjadi salah satu cabang olahraga yang bisa diandalkan di Olimpiade,” ujar Menpora. 

Menpora pun yakin judo dibawah kepemimpinan Letjen Maruli dapat mengukir prestasi. Selain itu, olahraga bela diri ini diharap bisa berkembang lebih lagi.

“Saya harap Judo bisa bangkit dan lebih semangat lagi. Disamping itu, saya juga menerima laporan dari PJSI mengenai kesiapan untuk menghadapi SEA Games dan juga menggelar beberapa kegiatan seperti Kasad cup,” jelas Menpora . 

Sementara itu, Ketua Umumm PB PJSI Letjen Maruli menyambut baik harapan dari Menpora . Pria yang menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) ini optimis judo bisa tampil di ajang Olimpiade. 

“Kami menghadap Menpora untuk melaporkan perkembangan PJSI termasuk persiapan SEA Games nanti. Selain itu, kami juga melaporkan mengenai persiapan untuk menyelenggarakan kejuaraan judo,” kata Maruli. 

Jenderal bintang tiga ini juga berharap dukungan dari Menpora Amali terhadap olahraga judo di Tanah Air. PJSI, kata Maruli siap untuk berkolaborasi dengan Kemenpora. 

“Mohon dukungan dari bapak Menpora agar kami bisa berprestasi. Kami juga sangat bersyukur atas dukungan Menpora selama ini terhadap olahraga judo. Mudah-mudahan ini bisa kami pertanggung jawabkan untuk bisa berprestasi,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini, Maruli melaporkan sejumlah kegiatan yang dilakukan Judo termasuk diantaranya Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) cabang olahraga Judo mengahadapi SEA Games dan Asian Games. 

Disamping itu, dia juga melaporkan rencana kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu dekat diantaranya Kasad Cup XIII Tahun 2022 yang akan digelar 25-27 Maret 2022 untuk atlet junior dan juga rencana kegiatan Menpora Cup untuk atlet senior. 

“Kami melaporkan banyak pertandingan yang kami persiapkan setelah vakum dua tahun. Mudah-mudahan dengan dukungan dari Kemenpora ini, Judo bisa berprestasi lagi kedepan,” pungkas Maruli.