Menpora: Olahraga Indonesia ke Depan Terapkan Strategi Sportainment

JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menekankan olahraga Indonesia ke depan selain fokus pada pembinaan yaitu menjalankan program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) juga lakukan penerapan strategi sportainment dengan mencontohkan National Football League (NFL) atau Liga Amerika Football yang mampu meraup keuntungan melalui konser half time show di super bowl.

Hal itu disampaikan oleh Menpora dalam puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) XL tahun 2023 yang berlangsung di Jakarta Internasional Velodrom, Rawamangun,Jakarta Timur, Sabtu (9/9) malam.

“Kita perlu menerapkan strategi sportainment seperti NFL di Amerika dengan half time show di super bowl. Terbukti, sekarang event tersebut menjadi yang paling mahal di dunia untuk periklanan. Maka dari itu, jangan kaku kayak kanebo kering, marilah bergotong royong, bekerja sama mulai dari atlet, artis, influencer, atau entertainer untuk membuat program pembudayaan olahraga yang menghibur masyarakat,” kata Menpora.

Menurut Menpora dengan pengoptimalisasian sportainment melalui platform media nanti menjadi hulu pendidikan terkait olahraga dan bisa tersebar ke semua kalangan di hilir.

“Dengan mengoptimalisasi sportainment melalui platform media di hulunya, pendidikan terkait olahraga bisa tersebar ke semua orang yang berada di hilir. Semua potensi ekonomi yang berkaitan langsung maupun tidak langsung dengan olahraga bisa digarap oleh perusahaan besar sampai pedagang kecil,” lanjut Menpora.

Selain itu, kedepannya Kemenpora juga akan menerapkan strategi terutama melalui ekosistem pendidikan yang direncanakan menjadi peran kunci terhadap dunia olahraga untuk mencetak atlet olahraga, wirausahawan olahraga, pakar olahraga, manajer klub olahraga, hingga tenaga profesional lainnya

Menpora menambahkan Kemenpora juga siap untuk menjadi katalisator dari berbagai pihak termasuk antar stakeholder olahraga untuk mengembangkan industri olahraga ke depannya.

Sementara itu Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, yang hadir pada peringatan puncak Haornas XL tahun 2023, mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi), dalam sambutannya mengatakan dirinya
mendapatkan kehormatan diberi tugas oleh Bapak Presiden Joko Widodo untuk mewakili beliau di acara Haornas 2023.

Menurut Prabowo olahraga berkaitan erat dengan pertahanan. Menurutnya, dalam jiwa sehat terdapat tubuh yang sehat. Begitu juga sebaliknya.

“Kalau pemuda suatu bangsa kuat fisik dan jiwanya, maka bangsa itu punya semangat untuk pemenang dan makmur. Tak ada bangsa yang berhasil tanpa bangsa yang kuat. Oleh karenanya semua stakeholder punya peran yang sangat penting. Pertahanan suatu negara tercermin oleh prestasi pemudanya,” ujarnya.

Prabowo yang juga menjabat Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (Ketum PB IPSI) berharap peringatan Haornas tahun ini jadi momentum untuk terus membangkitkan olahraga di Tanah Air.

“Saya ucapkan Selamat Hari Olahraga Nasional Tahun 2023. Semoga peringatan ini bisa membangun olahraga Indonesia. Bangsa pemenang adalah bangsa yang tak kenal menyerah. Bangsa yang terus berlatih untuk mencapai keberhasilan,” tandas Prabowo.