, Indotimes.co.id – Menteri dan Olahraga (Menpora), mengaku optimis cabang olahraga (cabor) taekwondo bisa berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia.
  
Melihat progres pembinaan atlet taekwondo berjalan baik, dan banyaknya kompetisi yang diikuti, menjadi alasan untuk mencapai prestasi yang membanggakan tersebut, termasuk di SEA Games 2021 Vietnam.

Pernyataan itu disampaikan Menpora saat meninjau Pelatnas Taekwondo SEA Games 2021 Vietnam di GOR POPKI, Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (28/4) sore.

“Taekwondo adalah salah satu cabang olahraga ungggulan, saya melihat pembinaan atletnya berjalan dengan baik ditambah lagi kompetisinya rutin digelar. Saya optimis para atletnya akan berprestasi di SEA Games 2021 Vietnam nanti,” kata Menpora yang juga didampingi Ketua Umum Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) Letjen TNI (Purn) HM Thamrin Marzuki.

Taekwondo sendiri untuk SEA Games 2021 Vietnam nanti menargetkan dua medali emas dengan memberangkatkan 15 atlet. Secara persiapan sendiri, tim nasional taekwondo Indonesia sudah menjalani pemusatan latihan (TC) di Hankuk International Taekwondo, Madrid, , 5-28 April 2022.  

“Saya tadi juga mendapatkan laporan dari Ketua Umum jika beberapa atlet sudah melakukan persiapan try out dan mengikuti kejuaraan di negara lain, dan hasilnya juga cukup memuaskan. Jadi saya ingin apa yang didapat selama latihan di luar bisa membuahkan prestasi terbaik,” harap Menpora. 

Kepada para atlet, Menpora berpesan agar sekarang atlet mulai merubah paradigma dalam meraih prestasi. SEA Games dan adalah target antara, target tertingginya adalah . “Kalian yang terpilih sekarang adalah atlet terbaik yang masuk dalam daftar pilihan Tim Review. Ke depan pemilihan atlet akan semakin ketat, jadi saya ingin adik-adik semua sekarang berpikirnya untuk meraih prestasi di Olimpiade,” kata Menpora .

Sementara Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) Letjen TNI (Purn) HM Thamrin Marzuki menyampaikan bahwa persiapan atlet untuk menuju SEA Games 2021 Vietnam dalam kondisi baik. Ia juga optimis dari hasil try out dan ikut beberapa kejuaraan di Spanyol dan Vietnam beberapa waktu lalu, para atlet taekwondo bisa membuahkan prestasi yang mengejutkan. 

“Secara persiapan kami tidak ada masalah, bahkan hasil mengejutkan bisa diukir para atlet ketika mengikuti kejuaraan di Spanyol dan Vietnam waktu lalu. Untuk SEA Games ini kita akan memberangkatkan 15 atlet sesuai tim review, dan komposisi atletnya 50 persen senior dan 50 persen junior,” tandas Thamrin.