JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora ) Zainudin Amali optimis tim atletik SEA Games 2021 Indonesia mampu memenuhi target medali emas yang diusung.

Hal tersebut ditegaskan Menpora saat meninjau Pelatnas Ateltik SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (27/4) sore.

“Saya optimis mereka akan meraih prestasi di SEA Games Vietnam. Tidak ada keraguan. Semua yang diberangkatkan berdasarkan tim review adalah berprestasi dan bagus,” kata Menpora, didampingi Deputi Bidang Prestasi Kemenpora, Chandra Bhakti dan Sekjen Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Tigor Tanjung. 

Dalam peninjauannya ike Pelatnas atletik, Menpora menyebut atletik merupakan salah satu cabang olahraga yang konsisten dalam pembinaan atlet. Begitu juga dengan tata kelola organisasinya.

“Atletik ini saya rasa dalam perjalanannya sangat baik dalam pembinaan, jalan terus. Talenta atlet muncul terus dan tidak pernah putus,” ujarnya pula.

Lebih lanjut, Menpora mengatakan ke- 23 atlet atletik yang turun di SEA Games 2021 Vietnam merupakan pilihan tim review. Mereka sudah membuktikan kualitasnya dengan menorehkan prestasi. 

“Para atlet ini sekali lagi saya sampaikan adalah pilihan yang sudah direview oleh tim yang didalamnya ada praktisi, akademis, pakar olahraga, KONI dan KOI dan lainnya,” ungkap Menpora .

Menpora menambahkan, kedepannya proses seleksi atlet dalam mengikuti kejuaraan akan lebih ketat. Untuk itu, atlet diminta berlatih dan mengikuti arahan dari tim pelatih saat menjalani latihan. 

“Kedepan ada Asian Games, SEA Games, dan Olimpiade yang akan datang. Nah, Olimpiade ini lah sasaran utama kita. Atletik masuk dalam cabor unggulan DBON, disitu ada sistem promosi dan degradasi,” imbuhnya.

“Jadi, kalian harus tunjukkan prestasi. Posisi ini harus kalian pertahankan. Pemerintah telah merubah paradigma, saat ini telah terbit Perpres Nomor 86 tahun 2021 tentang DBON,” tandas Menpora.

Seperti diketahui, untuk SEA Games 2021 Vietnam, PB PASI menurunkan 23 atlet. PB PASI optimis delapan medali emas yang menjadi target dapat dicapai.