JAKARTA, Indotimes.co.id – Indonesia resmi menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Senam 2025. Hal tersebut disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo.

Menurut Menpora ini kesempatan luar biasa, yang diberikan kepada Indonesia untuk menggelar event ini
“Kami sangat berharap semua stakeholder semuanya jadi pemicu prestasi gymnastic ke depan. Kami juga persiapkan beberapa atlet yang akan tampil di Kejuaraan Dunia nanti,” ujarnya.
Menpora menambahkan ini merupakan kali pertama dalam sejarah Indonesia mendapat kepercayaan dari Federasi Gymnastic (FIG) untuk menggelar Kejuaraan Dunia Senam 2025 yang merupakan edisi ke-53. Adapun sebelumnya di tahun 2023, ajang bergengsi ini berlangsung di Belgia.

“Alhamdulillah Indonesia ditunjuk secara resmi oleh FIG untuk menjadi tuan rumah kejuaraan dunia senam 2025 yang akan dilaksanakan di Jakarta. Sebelumnya tahun 2023 diselenggarakan di Belgia,” jelas Menpora dalam keterangan resminya di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (7/5).

Menpora mengatakan ajang ini akan berdampak positif untuk olahraga senam di Tanah Air. Dia memastikan pemerintah dan PB Persani akan menyiapkan secara matang agar Kejuaraan Dunia Senam 2025 berjalan lancar.

“Kami sangat antusias karena kami yakin dengan ditunjuknya Indonesia jadi tuan rumah pasti otomatis olahraga gymnastic akan lebih progresif dalam menyiapkan para atlet,” tegasnya.

“Ini juga jadi mempromosikan bahwa Indonesia bisa menggelar event kelas dunia di segala cabor. Kami Kemenpora dan Persani akan mempersiapkan untuk menuju Kejuaraan Dunia Senam 2025,” lanjut Menpora .

Sementara itu, Ketua Umum PB Persani, Ita Yuliati, menjelaskan ajang ini akan berlangsung di Indonesia Arena pada 19 sampai 25 Oktober 2025. Sedikitnya 70 negara dan kurang lebih 500 peserta akan ambil bagian pada Kejuaraan Dunia Senam 2025 di Indonesia.
Karenanya, PB Persani tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini dan akan menyiapkan atlet terbaik untuk berlaga di ajang tersebut.

“Ini suatu kebanggaan untuk Indonesia karena ini menjadi tuan rumah pertama untuk mengadakan Kejuaraan Dunia. Ajang ini akan diadakan pada Oktober tanggal 19 sampai 25. Rencananya kami akan melaksanakannya di Indonesia Arena (main hall) dan JCC (training hall),” jelas Ita.

“Ini kesempatan luar biasa, event ini kami sangat berharap semua stakeholder semuanya jadi pemicu prestasi gymnastic ke depan. Kami juga persiapkan beberapa atlet yang akan tampil di Kejuaraan Dunia nanti,” lanjutnya.

Ita menambahkan ppenunjukan Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan dunia senam 2025, jelas menjadi kabar yang bahagia bagi Indonesia sekaligus menunjukkan kebangkitan olahraga senam. Terlebih lagi, Indonesia telah sukses mengirimkan satu atletnya ke Olimpiade Paris 2024 yakni Rifda Irfanaluthfi.