JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga  (Menpora), Zainudin Amali mengatakan Kota Solo, sudah siap untuk menyelenggarakan ASEAN Para Games XI 2022. Hal itu diungkapkan Menpora saat koteranfan pers seusai Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Penyelenggaraan ASEAN Para Games XI 2022 di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta,Selasa (28/6).

Rakor yang juga dihadiri Walikota Solo,Gibran Rakabuming Raka, instansi terkait seperti TNI/Polri, NPC Indonesia, Pemprov Jateng, membahas kesiapan Solo menjadi tuan pesta akbar olahraga  difabel di Asia Tenggara pada 23 hingga 30 Juli mendatang.

Menurut Menpora, rakor tersebut membahas tentang persiapan keseluruhan. Mulai dari kesiapan pihak penyelenggara, dalam hal ini Pemkot Solo/Surakarta, dan instansi terkait yang juga bertanggung jawab atas penyelenggaraan event tersebut.

“Yang kami bahas adalah persiapannya dan juga sekaligus menyampaikan kepada instansi terkait yg terlibat untuk melaksanakan tanggung jawab dan kewajiban instansi masing-masing,” jelas Menpora.

Selain itu, lanjut Menpora berdasarkan  laporan dari Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka,  pihaknya menilai Pemkot Solo  sudah siap untuk menjadi tuan rumah. Karenanya  Menpora optimistis bahwa Indonesia, khususnya Kota Solo bisa sukses untuk menyelenggarakan ASEAN Para Games XI tahun ini.

“Secara keseluruhan, apa yang sudah dilaporkan Walikota Solo  sebagai pelaksana di lapangan, itu sudah membuat kita optimis bahwa kita akan siap jadi tuan rumah penyelenggaraa,” jelas Menpora.

Disamping itu, tambah Menpora adanya dukungan Pemprov Jateng, serta instansi terkait, termasuk dari dukungan  pengamanan dari TNI//Polri, menambah pihaknya semakin yakin pihaknya kesiapan penyelenggaraan ASEAN Para Games di Solo.

Sementara itu, Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyambut baik even tersebut. Pihaknya memastikan bahwa semua venue yang ada di Solo/Surakarta sudah siap digunakan.

“Ini suatu kehormatan Kota Solo untuk kedua kalinya jadi tuan rumah, intinya bahwa persiapan sudah sangat matang untuk venue. Hotel-hotel volunteer itu sudah sangat siap sekali. Tentu saja saya tambah semangat karena terkait semuanya full support agar acara berjalan dengan lancar,” tandasnya.

Selain menjelaskan persiapan penyelenggaraan ASEAN Para Games di Solo, Menpora juga mengumumkan penunjukan Andi Suherman sebagai Chief de Mission (CdM) Tim Indonesia di pada ASEAN Para Games 2022.

Penunjukan ini untuk kedua kalinya bagi Andi Suherman, yang sebelumnya dinilai sukses sebagai CdM Tim Indonesia pada Paralimpiade di Tokyo 2020.

Andi Suherman yang kini menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Tengah, kembali di percaya sebagai CdM Tim Indonesia pada ASEAN Para Games 2022. Dia dinilai mampu menjadi CdM, karena pengalamannya saat memimpin tim Indonesia pada Paralimpiade Tokyo 2020 lalu.

.