, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menyambut kedatangan kontingen Indoensia yang baru tiba di tanah air, seusai tampil di ajang SEA Games 2021 Vietnam di Bandara Soekarno-Hatta, , Banten, Selasa (24/5).

Menpora didampingi Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC) Indonesia Raja Sapta Oktohari, menyambut kedatangan para atlet dari cabor (cabang olahraga) bola basket, judo, angkat besia dan balap sepeda.

Dalama sambutannya, Menpora mengatakan Joko Widodo () bangga akan pencapaian atlet Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam. Apalagi, Indonesia hanya mengirimkan 499 atlet ke pasta akbar olahraga -Asia Tenggara tersebut, dan mampu menempati peringkat tiga besar.

“Atas nama seluruh rakyat Indonesia dan pemerintah kami sampaikan terima kasih atas segala perjuangan kalian semua sehingga Indonesia ada di peringkat ketiga,” kata Menpora pula.

“Artinya ini yang kami lakukan sekarang ada di trek yang benar. Nanti pengiriman multievent berikutnya kami gunakan cara-cara ini dengan acuan dari Desain Besar Olah Raga Nasional (DBON),” ucap Menpora.

Menpora juga mengingatkan sejumlah multievent internasional menanti para atlet, dan tentunya harus terus berlatih, agar pencapaian prestasiyang dicapai bisa lebih baik lagi dari saat ini .

Menpora menambahkan, pencapaian ini adalah kerja keras bersama. Baik para atlet, NOC, pemerintah, perwakilan cabor hingga official pelatih.

“Pemerintah memberikan dukungan terhadap persiapan cabor, atlet dan pelatih untuk menuju kejayaan olah raga Indonesia. Tentunya akan ada khusus dari pemerintah untuk atlet dan official yang telah mengukir di SEA Games 2021 Vietnam,” ungkapnya.

Sebelumnya Menpora Zainudin Amali memastikan para atlet yang telah menorehkan prestasi di SEA Games 2021 Vietnam akan mendapatkan apresiasi dan ucapan terimakasih dari , berupa bonus.

Menurutnya,apresiasi berupa bonus kepada atlet dan pelatih di ajang multi even olahraga seperti SEA Games, Asian Games dan Olimpiade sudah diatur dalam .

“Karena ini multi event yang ada di dalam aturan dan regulasi kita. Insya Allah bapak presiden pak Joko Widodo akan memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para atlet dan para pelatih, sama dengan SEA Games, Asian Games dan Olimpiade yang lalu. Karena ini multi event jadi sudah ada aturan yang mengatur itu Insya Allah tinggal tunggu waktunya aja,” tandas Menpora.

Sementara itu, Ketua KOI/NOC, Raja Sapta Oktohari mengatakan prestasi yang dicapai para atlet merupakan kerja keras yang selama ini telah diperjuangkan. Tentunya kita Bangga Indonesia mampu menempati peringkat tiga besar pada SEA Games kali ini, sebagaimana harapan dari Presiden Jokowi.

“Saya atas nama pribadi atau NOC berterima kasih atas perjuangan semuanya, sehingga berhasil mengumandangkan lagu Indonesia Raya dan mengibarkan bendera Merah Putih di Vietnam,” pungkas Okto.