JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyatakan keprihatinannya dan turut berduka cita atas meninggalnya dua suporter Persib Bandung, saat laga Persib Bandung melawan Persebaya Surabaya di Turnamen Pra Musim Piala Presiden 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung, Jumat (17.6).

“Saya turut berduka cita atas meninggalnya penonton sepakbola di Bandung saat menonton pertandingan Persib vs Persebaya. Tentu kita prihatin atas kejadian ini. Padahal pertandingan sepakbola baru saja diijinkan dihadiri penonton langsung di stadion,” ujar Menpora.

Atas kejadian itu, Menpora akan. meminta kepada PSSI & PT LIB utk melakukan investigasi terhadap insiden ini. Selain itu harus segera dievaluasi tentang SOP yang berlaku di stadion ketika itu, sekaligus melihat lagi pelaksanaan di empat stadion lainnya yang sudah berlangsung selama ini.

“Termasuk koordinasi dengan pihak terkait khususnya dengan pihak keamanan lebih diintensifkan lagi,” tegasnya .

Menpora menambahkan, Pemerintah akan menunggu laporan resmi dari PSSI & PT LIB atas kejadian tersebut. “Tidak boleh ini terulang lagi karena pertandingan masih banyak yang harus dilakukan. Kesiapan panitia daerah juga harus dipastikan pada setiap pertandingan,” tandas Menpora.

Sebelumnya, kabar duka datang dari laga Persib Bandung vs Persebaya Surabaya dalam laga lanjutan Grup C Piala Presiden 2022. Dua Bobotoh -sebutan suporter Persib Bandung- dikabarkan meninggal dunia dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jumat (17/6).

Dikabarkan, kejadian bermula dari antrean penonton yang membludak sehingga mereka harus berdesak-desakan.

Dua Bobotoh ini meninggal dunia setelah berdesak-desakan di pintu masuk Stadion GBLA. Antusias besar memang terlihat dalam laga Persib Bandung vs Persebaya Surabaya. Ada ribuan penonton yang membanjiri Stadion GBLA.