Menpora Resmi Kukuhkan Kontingen Indonesia ke SEA Games 2023 Kamboja

JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo secara resmi mengukuhkan kontingen Indonesia yang akan berlaga pada SEA Games Kamboja 2023 di Halamann Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Senayan, Jakarta, Selasa (2/5) pagi.

Dalam sambutannya, Menpora memingta agar kontingen Indonesia dapat mengharumkan nama bangsa di ajang olahraga multi even dua tahunan tersebut.

Menurutnya ajang SEA Games ini adalah targert antara sebelum para atlet tampil dan dipersiapkan menghadapi Asian Games 2022 Hangzhou dan Olimpiade Paris 2024.

“Multievent SEA Games dan Asian Games dapat kita jadikan untuk target antara jelang Olimpiade di Paris. Maka berjuanglah semaksimal mungkin dengan menjunjung tinggi sportivitas karena hasil SEA Games dapat jadi tolok ukur untuk Olimpiade,” ujar Menpora.

Menghadapi SEA Games 2023 Kamboja kali ini, Kontingen Indonesia berkekuatan total 599 atlet yang ikut dalam 31 cabang olahraga. Selain itu diperkuat sebanyak 230 ofisial dan 55 personel tenaga medis juga akan berangkat ke Kamboja.

“Kekuatan Indonesia saat ini merupakan komposisi terbaik menuju SEA Games Kamboja. Kontingen Indonesia 31 cabor dari 36 cabor. Sebanyak 599 atlet didampingi pelatih dan ofisial sebanyak 230 orang sehingga totalnya 884 orang,” tandas Menpora.
Turut hadir dalam acara pelepasan tersebut yaitu Ketua Komite Olimpiade (NOC) Indonesia Raja Sapta Oktohari, Plt Sekjen NOC Indonesia Harry Warganegara, Ketua Badan Antidoping Indonesia (IADO) Gatot S. Dewa Broto.

Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari dalam pidatonya ingin kontingen Indonesia menyabet seluruh medali emas yang dilombakan di SEA Games. Pembinaan atlet dalam pemusatan latihan jadi dasar pernyataannya.

“Kami memberi apresiasi untuk cabor yang sangat serius dalam menyiapkan pembinaan prestasi untuk merebut semua emas yang ada di SEA Games Kamboja,” kata Okto, sapan akrab Raja Sapta Oktohari.

Oktopun berharap dibenak setiap atlet selalu ada keinginan untuk mengibarkan bendera Merah Putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya saat bertandingn di pesta olahraga se-Asia Tenggara ini.

“Kepada CdM dan jajarannya, selamat berjuang. Berikan yang terbaik untuk para atlet sehingga kita bisa berjuang maksimal. Sebab cita-cita kita sama yaitu mengumandangkan Indonesia Raya dan mengibarkan bendera Merah Putih,” pungkasnya.