JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, meresmikan Aquabike Indonesian Championship 2024-2025 Piala Menpora.

Kejuaraan level nasiona ini bertujuan menyiapkan dan melahirkan atlet jetski Indonesia untuk kejuaraan Aquabike dunia.

“Hari ini telah dilaksanakan peresmian dan peluncuran dari rangkaian Aquabike Indonesian Championship 2024-2025 Piala Menpora,” kata Menpora usai press conference di Media Center Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (29/5).
Menurutnya rangkaian seri nasional ini dalam rangka untuk mentalent scouting dan mempersiapkan pebalap aquabike Indonesia yang akan dipersiaokan menghadapi kejuaraan dunia Aquabike.

Lebih lanjut Menpora mengatakan, Indonesia nantinya yang akan menjadi tuan rumah hingga tahun 2027 dari kejuaraan dunia Aquabike dan F1 Powerboat, dan tentunya akan mendapatkan jatah wild card sebanyak 10 atlet.

Karenanya Menpora berharap momen itu dapat dimaksimalkan para pembalap aquabike dan lahir juara dari Indonesia nantinya.

“Kita Indonesia karena sebagai tuan rumah mendapatkan 10 wild card maka dari itu kegiatan rangkaian seri nasionalnya yang bertajuk Piala Menpora Aquabike ini digunakan untuk benar-benar mempersiapkan dan mencari riders yang akan balap di kejuaraan dunia nantinya dan berharap menjadi juara,” ujar Menpora, yang didampingi Deputi Pembudayaan Olahraga Rudy Sufahriadi.

Menpora menambahkan, Indonesia sudah memiliki komitmen untuk penyelenggaraan baik untuk F1 Powerboat dan Aquabike itu sampai 2027. Tentu hal ini dampaknya sangat bagus kemungkinan akan diperpanjang.

“Dengan komitmen Indonesia menjadi host kejuaraan dunia sampai 2027 saya rasa ini adalah awal mula dimana pembinaan dan penyiapan riders dan tim-tim dari Indonesia untuk aquabike ini kedepan juga akan jangka panjang,” tandas Menpora.

Bersama dengan PP IMI, Menpora juga berharap penyiapan pejetski Indonesia semakin fokus hingga melahirkan juara dari Indonesia sekaligus akan mengangkat nama harum Indonesia di mata dunia khususnya untuk destinasi olahraga air.

“Saya rasa ini akan menjadi fokus dari IMI juga dan kita tuan rumah semestinya riders dari Indonesia juga bisa berkiprah sampai menjadi juara. Kedepan yang namanya olahraga pariwisata seperti aquabike dan surfing ini sangat potensial dikemas secara kebersamaan, terintegrasi dimana akan mengangkat promosi Indonesia sebagai negara destinasi olahraga air,” jelasnya pula.

Dengan agenda level dunia tersebuti sekaligus juga menunjukan kepada dunia , bahwa untuk olahraga air khususnya untuk aquabike atau surfing, disneylandnya ada di Indonesia..

Sementara itu Direktur Olahraga Air PP IMI, Randi Wibawa menyampaikan, Kejuaraan Nasional Aquabike akan dilaksanakan sebanyak lima seri. Ia sampaikan terima kasih atas support dari Menpora Dito dan Kemenpora.

“Jadi rencananya kami akan melaksanakan Kejuaraan Nasional Aquabike sebanyak lima seri. Untuk Seri 1 sudah kami laksanakan di Balige Danau Toba (1-3 Maret), Seri 2 di Samosir (28-30 Juni), Seri 3 di Manado, Sulawesi Utara , Seri 4 di Makassar dan Seri 5 di Ancol, Jakarta,” jelas Randi.

Randi juga mengucapkan terima kasih atas support Kemenpora, dalam hal ini Menpora Dito Ariotedjo yang selalu mensupport untuk kegiatan ini “Alhamdulillah negara selalu hadir untuk para pembalap nasional kita,” imbuhnya.

Aquabike Indonesian Championship 2024-2025 Piala Menpora dijadikan sebagai persiapan menghadapi Aquabike Jetski World Championship yang akan berlangsung November 2024. Melalui kejurnas ini, akan dicari 10 pembalap terbaik untuk mewakili Indonesia dalam Aquabike World Championship.

Yang terdekat, Aquabike Indonesian Champhionship Series 2 yang akan digelar di Waterfront City Pangururan, tanggal 28-30 Juni 2024, akan diikuti kurang lebih 30 pembalap nasional, dengan kelas yang dipertandingkan yaitu Endurance Race, Paralal Slalom dan Hydro Flight.