TOKYO, Indotimes.co.id – Dua perenang muda Indonesia, Aflah Fadlan Prawira dan Azzahra Permatahani, Sabtu (24/7) malam, akan berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Ini merupakan penamilan perdana kedua perenang masa depan Indonesia pada lomba bergengsi, tidak ada target muluk, keduanya diharapkan mampu mempertajam rekor nasional.

Menurut Harlin Rahardjo, selaku pimpinan Tim Akuatik Indonesia sekaligus Manajer Tim Renang Indonesia di Olimpiade Tokyo, keduanya akan bertanding di dua nomor berbeda di Tokyo Aquatics Center.

Harlin menjelaskan bagi kedua perenang, berlaga di Olimpiade merupakan pengalaman berharga melawan perenang-perenang kelas dunia.

“Kita tahu persiapannya sangat berat dengan adanya pandemi covid 19 dan lawan-lawannya perenang kelas dunia. Kita berharap baik Fadlan dan Azzahra bisa melakukan yang terbaik dan mempertajam catatan waktu pribadi mereka yang juga merupakan rekor nasional yang dipegang keduanya di nomor masing-masing,” ujar Harlin yang juga Wakil Ketua Umum PB PRSI, Sabtu (24/7).

Baca juga :  PSS Sleman Rebut Tempat Ketiga Piala Menpora 2021

“Pesan saya bagi Fadlan dan Azahra bertanding di Olimpiade merupakan kesempatan langka. Maka mereka harus bisa memanfaatkan dengan baik, walau lawannya perenang-perenang kelas dunia. Jangan jadi beban, tapi jadikan peluang untuk berikan yang terbaik untuk bangsa dan negara,” ucap Ketua Umum PB PRSI, Anindya Bakrie, dalam pesan terpisah.

Perenang putra berusia 23 tahun, Aflah Fadlan Prawira akan bertanding di babak penyisihan nomor 400 meter gaya bebas putra pada pukul 19.44 waktu Tokyo atau 17.44 Waktu Indonesia Barat.

Untuk rekornas 400 meter gaya bebas putra dipegang Fadlan dengan catatan waktu 3 menit 52,18 detik.

“Persiapan kita sudah jalani, latihan rutin juga terus dilakukan di Kolam Renang Tokyo. Kesehatan terus dijaga. Mohon doa untuk bisa berbuat yang terbaik,” jelas Fadlan yang diamini pelatihnya Donny B.Utomo.

Sedangkan perenang berusia 19 tahun Azzahra Permatahani yang turun di babak penyisihan nomor 400 meter gaya ganti perorangan putri akan bertanding pada pukul 20.05 waktu Tokyo atau 18.05 WIB. Rekornas 400 meter gaya ganti perorangan putri atas nama Azzahra Permatahani dengan catatan waktu 4 menit 48,51 detik.

Baca juga :  Greysia Polii/Apriyani Rahayu Raih Emas di Olimpiade Tokyo 2020

Azzahra mengatakan bertanding di level dunia seperti Olimpiade merupakan pengalaman istimewa. Menurutnya mereka sudah melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari. “Sebuah kehormatan bisa bertanding melawan perenang-perenang dunia. Doakan bisa mencetak rekor nasional,” imbuh Azzahra.

Sementara itu pelatih renang tim Indonesia,Donny B.Utomo, mengatakan ajang Olimpiade ini, merupakan penampilan perdana keduanya yang masih muda. “Karenanya target juga disesuaikan, yang berharap bisa mempertajam rekornas,” ungkap Donny.

Donny menambahkan, salian tampil pada Sabtu (24/7) ini, Fadlan juga masaih akan bertanding pada Jumat (30/7) mendatang di nomor 1500 meter gaya bebas putra.