JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengumumkan secara resmi bahwa Kick off Kompetisi Liga 1 mengalami kemunduran.  Pihaknya telah berkomuniasi dengan  Polri dan BNPB, bahwa Liga 1 dipastikan bergulir pada 27 Agustus mendatang.

Mundurnya jadwal bergulirnya kompetisi sepakbola paling  bergengsi di tanah air ini, yang semula pada 20 Agustus ke 27 Agustis 2021, menurut Menpora, setelah pihaknya melakukan diskusi dengan pihak terkait, yakni Mabes Polri serta BNPB.

Menurut  Zainudin, penentuan tanggal ini dan harus mundur satu pekan dari jadwal yang ditentukan karena melihat penyebaran virus Covid-19. “Kita sepakati dimulai setelah lihat penurunan yang signifikan lalu pemberlakukan PPKM skala mikro atau sekarang disebut level saat ini. Akhirnya diperkirakan dan disepakati bahwa akan dimulai pada 27 Agustus mendatang,” jelasnya, dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Senin (9/8).

Baca juga :  Optimis Timnas Putri 3x3 Raih Emas SEA Games

Selain itu, tegas Zainudin semua pihak sudah menyetujui penyelenggaraan Liga 1 2021-2022. Hanya saja, penyelenggaraan tersebut harus melihat situasi dan kondisi di daerah tertentu terlebih dahulu.

“Setelah melihat penurunan (kasus Covid-19) yang signifikan dan pemberlakuan PPKM skala mikro, atau yang sekarang dalam format level. Dan juga sudah dikomunikasikan pada pihak PSSI,  dan PSSI sedang mempersiapkan secara teknis bersama PT LIB,” tandasnya.

Terkait  rencana Kick off Liga 1, menurut  Zainudin, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan segera menentukan lokasi pembukaannya. Menurutnya, lokasi pembukaan akan di daerah yang memiliki kasus Covid-19 yang rendah. “PSSI dan LIB akan segera menetukan penyelenggaraan dan pembukaannya di tempat yang sudah ditetapkan dalam level yang rendah (penyebaran Covid-19-nya),”  pungkas Zainudin.