, Indotimes.co.id – Petenis muda Indonesia, Nathan Anthony Barki (16 tahun) membuka lembaran dengan gemilang setelah memenangi gelar juara tunggal putra internasional berlabel Singapore ITF Junior Championships I 2021, yang berakhir Jumat (29/1).

Pada laga final yang berlangsung di Kallang Tennis Centre, andalan Merah Putih itu berhasil membungkam perlawanan jagoan tuan rumah, Adithya Suresh dengan straight set, 6-4 6-0.

“Awal tahun yang menyenangkan, aku sangat gembira memulai tahun dengan keberhasilan menyabet gelar juara tunggal turnamen ini,” tutur Nathan yang kini bercokol di peringkat dunia yunior ke-326 ITF ini.

Nathan mengaku keputusannya untuk hanya fokus bermain di nomor tunggal merupakan strategi yang tepat di turnamen ini. Para turnamen ini Nathan tak kehilangan satu set pun dalam perjalanan menuju tangga juara di ajang berlevel J5 dalam kalender kompetisi resmi Federasi Tenis Internasional (ITF) ini.

Gelar juara ini memberi tambahan 30 poin dan bakal melambungkan peringkat petenis yang ditukangi pelatih Michael Baroch ini ke kisaran 240 dunia. Hingga saat ini, Nathan telah mengoleksi tiga piala juara tunggal ITF kategori J5.

“Aku merasa sangat beruntung karena mendapat dukungan penuh dari kedua orang tua, karena sebetulnya komitmen cukup berat,” tandasnya.

Nathan sukses menjuaraia Singapore ITF Junior Championships I, setalah pada babak pertama menang atas petenis tuan rumah Julien Tremolieres dengan 6-3 6-3. Sukses Nattah berlanjut pada kedua dengan menundukan petenis lainnnya Joshua Cheng dengan skor 6-1 6-1, sekaligus mengantarkanya menembus babak perempat-final bertemu Michael Dylan Jimenez juga dari Singapura.

Ambisi Nathan untuk meraih gelar tunggal putra tak terbendung, setalah pada babak perempat-final dia mampu mengatasi perlawanan Michael Dylan Jimenez dengan 6-1 6-3.

Pada laga semi final Nathan harus menghadapi andalan Singapura lainnya, Matthew Johnstone. Tanpa kesulitan berarti Nathan mampu menumbangan sang lawan dengan skor meyakinkan 6-1 6-2.

Laju Nathan tak terbendung untuk meraih internasional pertama nya di Singapura tahun ini, dimana secara meyakinkan dia mampu mengatasi sang lawan Adithya Suresh dengan skor 6-4 6-0.

Pekan mendatang, Nathan bakal kembali memulai perburuan gelar juara di ajang serupa bertajuk Singapore ITF Junior Championships II di arena yang sama, Kallang Tennis Centre, Stadium Boulevard, Singapura, 1 sd 6 Februari 2021.

“Terimakasih Pelti atas dukungan terus-menerus dalam perjalanan karir tenisku dan juga kepada STA (Singapore Tennis Association) yang tetap menggelar event ini pada masa pandemi,” pungkas Nathan.