JAKARTA, Indotimes.co.id – Pengurus Besar Perserikatan Baseball Softball Seluruh Indonesia (PB Perbasasi) bersama Ohama Group Jepang menggelar coaching clinic bertajuk Asia Baseball Clinic di Stadion Baseball Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, Rabu (19/12).

Dalam coaching clinic tersebut turut pula dihadirkan dua atlet profesional Fukuoka Softbank Hawks yaitu Keizo Kawashima dan Shuhei Fukuda. Kedua atlet ternama diJepang tersebut melatih lebih dari 100 atlet Indonesia mulai dari timnas senior, U-18, atlet usia dini usia 11-15 tahun dan tim Women Baseball U-15.

Para atlet yang hadir dalam pelatihan ini telah melalui seleksi dari PB Perbasasi dan berasal dari berbagai kota seperti Jakarta, Bandung, Banten dan Lampung.

Ketua Umum PB Perbasasi Andhika M. Y. Manoarfa menyatakan, kehadiran Asia Baseball Clinic tahun ini membawa angin segar bagi para atlet baseball tanah air. ”Kami meyakini bahwa salah satu kunci untuk bisa meningkatkan skill para atlet adalah dengan banyak berlatih dari guru-guru terbaik selain juga aktif mengikuti turnamen baik di level nasional dan internasional.” Ujar Andhika.

Baca juga :  Dua Atlet Polo Air, Asah Kemampuan di Liga Serbia

Sebagai informasi, saat ini keterlibatan tim putri untuk cabang olahraga Baseball sedang digalakkan oleh World Baseball Softball Confederation – WBSC (Asosiasi Baseball Softball Dunia), mengingat tim putri paling banyak masih bertanding di cabang Softball.

“Sesi coaching clinic ini semakin spesial karena kami juga memberikan latihan khusus bagi tim Baseball wanita. Pelatihan untuk tim putri Indonesia ini kami harapkan bisa memupuk minat dan semangat para atlet muda untuk mengejar prestasi di cabang olahraga Baseball,” tambah Andhika.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pembinaan usia dini PB Perbasasi, yang mengacu pada keberhasilan program pembinaan baseball di Jepang. Olahraga ini juga sangat populer dan diminati oleh publik Jepang.

Indonesia pun sudah memulai langkah ini, dimana PB Perbasasi terus melakukan kegiatan pelatihan dan pembinaan untuk atlet-atlet baseball di berbagai kota, termasuk menciptakan banyak pertandingan agar para pemain terasah pengalamannya.

Baca juga :  Kalahkan Persebaya, Persib Maju ke Semifinal Piala Menpora 2021

Sementara itu Direktur Ohama Group, Tetsuya Ohama menyatakan sebagai perusahaan yang memiliki banyak unit bisnis di kawasan Asia, Ohama Group selalu berusaha untuk memberikan kontribusi bagi lingkungan dan olahraga baseball adalah salah satunya.

Menurut Tetsuya Fukuoka Softbank Hawks sebelumnya juga hadir di kuartal pertama di tahun 2018 untuk memberikan dukungan kepada tim nasional Indonesia yang akan bertanding di ajang Asian Games 2018.

“Asia Baseball Clinic kami adakan sebagai bentuk komitmen nyata untuk memajukan olahraga Baseball Indonesia. Kehadiran kami yang kedua di Indonesia ini juga menunjukkan respon yang baik dari komunitas baseball Indonesia serta kepercayaan bagi tim profesional Jepang untuk membagikan pengetahuannya kepada para atlet Indonesia,” pungkas Tetsuya.