JAKARTA, Indotimes.co.id – Indonesia melalui Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) kembali menyelenggarakan turnamen bergengsi bertajuk “Pertamina Indonesian GM Tournament 2024″.

Dukungan PT Pertamina (Persero) menjadi sponsor utama kegiatan catur bertaraf internasional, menunjukkan olahraga catur semakin menarik bagi dunia industri.

“PB Percasi sangat mengapresiasi keterlibatan dunia usaha dalam turnamenturnamen seperti ini. Karena dengan banyaknya turnamen berkelas yang kita selenggarakan, akan muncul pula pemain catur berkelas,” kata Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto, dalam sabutan tertulisnya.

Utut mengharapkan ke depannya tidak hanya Pertamina, namun lebih banyak lagi dunia usaha yang mau mensponsori kegiatan-kegiatan catur dalam berbagai kompetisi di dalam dan luar negeri.

Turnamen ini sangat penting bagi para pemain catur Indonesia, karena melalui GM (Grandmaster) dan IM (International Master) turnamen inilah para pecatur Indonesia akan diberi kesempatan untuk memperoleh pengalaman bertanding dengan para pecatur luar negeri yang berkemampuan setara, atau bahkan di atas kemampuan mereka.

Di ajang inilah mereka dapat menaikkan elo rating serta membukukan norma. Sebuah kesempatan yang tak boleh disia-siakan.

Tercatat sebanyak 24 peserta, 12 peserta GM turnamen dan 12 IM turnamendari 8 negara (Indonesia, Malaysia, Mongolia, Singapura, Australia, Vietnam, dan Filipina) akan bertanding selama sepekan, mulai 23 April 2024 hingga 1 Mei 2024 di Artotel Gelora Senayan (Hotel Atlet Century Park), Jakarta.

Sebagai tuan rumah, Indonesia menurunkan tim dengan jumlah pecatur terbanyak, ke 7 pecatur itu terdiri dari 6 pecatur putra dan seorang pecatur putri untuk turun di GM turnamen.

Sementara di IM turnamen, Indonesia juga menurunkan 7 pecaturnya, dengan 6 pecatur putra dan seorang pecatur putri.

Presiden Federasi Catur Internasional (FIDE) Zona 3.3 Asia yang juga Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto merasa bangga, Indonesia selalu dapat menyelenggarakan turnamen catur bergengsi seperti ini.

“Indonesia selalu menjadi tuan rumah yang luar biasa, karena mampu memberikan yang terbaik. Dan, saya berharap turnamen kali ini juga dapat melahirkan pemain-pemain yang menjadi kekuatan yang diperhitungkan di skala global,” ujar Utut.

Pertamina Indonesian GM Tournament 2024 ini akan menggunakan sistem Round Robin (Setengah Kompetisi) sebanyak 11 babak, serta menerapkan aturan (regulasi) yang ketat sesuai peraturan Federasi Catur Internasional (FIDE) untuk turnamen catur internasional pada umumnya.

Tak hanya itu, kejuaraan ini pun menyediakan hadiah total USD 20.900 (atau sekitar Rp 330 juta), terdiri dari USD 13.100 untuk kategori GM Tournament dan USD 7.800untuk kategori IM Tournament.

Ini bukan pertama kalinya Pertamina a mendukung kejuaraan yang dihelat PB Percasi, sebelum Pertamina juga mendukung Kejuaraan Catur Asia 2023 atau Kejuaraan Asian Zone 3.3 Chess Championship 2023 (AZCC) di Jakarta.

Sementara itu, Dewan Pembina PB Percasi, Ir Eka Putra Wirya, menyampaikan terima kasih atas dukungan Pertamina.

“Terima kasih PT Pertamina dan Bank Mandiri Tbk, atas dukungan terselenggaranya turnamen ini” ujarnya

Apresiasi tersebut diberikan Eka Putra Wirya yang merupakan pendiri klub Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) itu.

Menurutnya kehadiran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut sangat membantu pembinaan olahraga catur di Tanah Air, setelah PT Jafpa Comfeed Indonesia yang selama ini rutin mensponsori event catur nasional dan internasional.

Eka yang telah lama berkiprah dalam olahraga Catur di Tanah Air, telah merasakan besarnya dana untuk mencetak pecatur tangguh bergelar Grand Master (GM) seperti GM Susanto Megaranto dan GMW Irene Kharisma Sukendar yang lahir dari The Dream Team Indonesia.

‘“Tidak gampang mencetak pecatur bergelar GM dan IM. Butuh investasi dana yang cukup besar. Karena, melahirkan mereka harus banyak tampil di ajang event internasional bergengsi yang masuk kalender resmi FIDE. Makanya, kita sangat terbantu dengan kehadiran PT Pertamina dan Bank Mandiri Tbk yang menjadi sponsor event internasional. Dan, PB Percasi berharap PT Pertamina dan Bank Mandiri Tbk terus memberikan support dalam rangka peningkatan prestasi pecatur Indonesia ke depan,” imbuhnya.

Eka menambahkan Kehadiran Pertamina Indonesian GM Topurnament 2024 ini membuka peluang bagi lebih banyak pecatur Indonesia menambah pengalaman bertanding internasional dan mendapatkan Norma GM dan Norma IM sekaligus meningkatkan elorating.

Mengingat persaingan cukup ketat di event yang melibatkan pecatur dari 8 negara, kata Eka, peluang untuk mencetak Norma GM dan Norma IM perlu perjuangan keras. Namun, dia yakin bakal lahir pecatur Indonesia yang mendapatkan Norma GM dan Norma IM.

“Tidak gampang meraih 8 poin dari 11 babak yang dimainkan untuk mendapatkan gelar Norma GM dan 7,5 poin untuk Norma IM. Paling tidak, kita berharap akan lahir satu pecatur Indonesia bergelar Norma GM dan 1 pecatur bergelar Norma IM dari Pertamina Indonesian GM Tournamen 2024,” tandasnya.

Berikut ini daftar pecatur yang tampil di Pertamina Indonesian GM Tournament 2024

Katagori GM :

1. GM Susanto Megaranto. (Indonesia)
2. GM. Novendra
Priasmoro. (Indonesia)
3. IM Yoseph Theolifus Taher. (Indonesia)
4. IM Aditya Bagus Arfan. (Indonesia)
5. IM Azarya Jodi Setyaki. (Indonesia)
6. IM Medina Warda Aulia. (Indonesia)
7. IM Gilbert Elroy Tarigan. (Indonesia)
8. GM Temur Kuybokarov. (Australia)
9. GM Dao Thien Hai (Vietnam)
10. IM Agibileg Uurtsaikh ( Mongolia)
11. GM Eugenio Tore (Philipina).
12.IM Liu Xianvi (Singapura).

Katagori IM :

1. IM Farid Firmansyah (Indonesia).
2. IM Mohamad Ervan (Indonesia).
3. FM Cecep Kosasih (Indonesia).
4. FM Surya Wahyudi (Indonesia).
5. FM Agus Kurniawan (Indonesia).
6. FM Arif Abdul Hafiz (Indonesia).
7. WM Ummi Fisabilillah
(Indonesia).
8. IM Zaw Htun Wynn (Myanmar).
9. IM Jan Emmanuel Garcia (Philipina).
10. FM Itgelt Khuyagtsogt (Mongolia).
11. FM Petet Long (Malaysia).
12. WGM Nguyen Thi Mai Hung (Vietnam).

.