JAKARTA, Indotimes.co.id – Para pegolf manca negara termasuk tuan rumah Indonesia akan ambil bagian pada turnamen golf amatir Menpora-Emeralda Cup III 2018, yang akan berlangsung di Lapangan Golf Emeralda, Cibinong, Jawa Barat, 25-27 Oktober. Keikutsertaan para pegolf dari luar negeri ini merupakan yang pertama kalinya selama Piala Menpora digelar sejak 2016 silam.

Ketua penyelenggara turnamen, Mudjo Suwarno di Jakarta, Selasa (23/10) mengatakan tercatat 144 pegolf ambil bagian di turnamen ini, termasuk para pegolf dari manca negara. Mudjo yang juga Ketua Perkumpulan Akademi Golf Indonesia (PAGI), mengharapkan kehadiran peserta asing ini membuat persaingan pada turnamen menjadi kian ketat.

“Kami juga mendatangkan atlet Indonesia yang mengikuti Asian Games 2018. Nantinya, hanya 36 pegolf yang bisa lolos ke partai final,” kata Mudjo, di Mrdi Center Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Senayan,Jakarta.

Baca juga :  Persiapan Asian Para Games 2018 Capai 90 Persen

Menurut Mudjo turnamen yang memperebutkan Piala Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi ini mengusung tema “Road To Asia Pacific”. Dari turnamen ini, pihak panitia akan mengirimkan 6 pemenang, yaitu 3 juara terbaik putra dan 3 juara terbaik putri untuk mengikuti turnamen bergengsi diantara tiga pilihan negara, yiatu Jepang,Korea Selatan ataupun Australia.

“Turnamen yang kami pilih untuk enam pegolf terbaik, pastinya memiliki bobot penilaian kategori A oleh Badan Dunia Amatir Golf (WAGR),” tandas Mudjo.

Sementara itu Deputi III Kemenpora Raden Isnanta berharap dariu turneman Piala Menpora ini, akan muncul pada pegolf andal. Sejatinya, Indonesia memiliki banyak padang golf dan juga atlet, namun minim kompetisi. Dengan adanya Piala Menpora diharapkan para pegolf muda Indonesia bisa punya sasaran jelas saat berlatih.

Hal senada diutarakan Direktur PT Karabga Digdaya (Lapangan Golf Emeralda), Arif Wiryawan, yang mengatakan pihaknya mendukung terselengaranya turnmen ini dengan baik dan lancer.

Baca juga :  Presiden Jokowi Apresiasi Tim Piala Thomas Indonesia

Semoga dengan adanya turnamen ini, akan bermunculannya para pegolf bebrabak Indonesia, yang kelak akan mengahrumkan nama Indonesia di ajang golf internasional.