Pelaksanaan Test Event Asian Games Mantapkan Persiapan Atlet Menembak Indonesia

JAKARTA, Indotimes.co.id – Pelaksanaan Test Event cabang olahraga menembak Asian Games XVIII 2018 menjadi ajang persiapan para atlet menembak Indonesia untuk menghadapi pesta akbar olahraga se-Asia tersebut.

Hal tersebut dikatakan Competition Manager (CM) Test Event Asian Games 2018, Selvyana S Hosen yang juga anggota Bidang Hubungan Luar Negeri PB Perbakin di Jakarta, Minggu (5/11).

Menurut Selvyana, kegiatan test evant road to Asian Games 2018 dengan nama kejuaran  Indonesia Shooting Competition ini selain untuk menguji kesiapan pelaksanaan kepanitian cabor menembak, sekaligus dimanfatkan untuk menguji kesiapan para atlet menembak nasional.

Kegiatan yang digelar 4-12 November 2017 ini berlangsung di Lapangan Tembak Senayan Jakarta dan  Arena Tembak Divisi Infanteri I Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Kejuraan ini diikuti 184 peserta dari 22 provinsi di Indonesia ini mempertandingkan 18 nomor event, yaitu untuk nomor perorangan dan team sesuai aturan International Shooting Sport Federation (ISSF) sebagaimana yang akan dipertandingkan pada Asian Games 2018 mendatang.

Baca juga :  Oneprix Championship 2021 Putaran Dua Siap Digelar Akhir Minggu Ini

“Kami mengharapkan semua yang terlibat  dalam kegiatan ini, mulai dari kepanitiaan, juri, crew, pelatih maupun para atlet dapat memanfaatkannya sebaik-baiknya. Sehingga kita mampu meraih sukses ganda, yaitu sukses pelaksanaan maupun sukses prestasi,” ujar Selvyana.

Lebih lanjut menurut Selvyana, PB Perbakin mengharapkan  para atlet menembak Indonesia mampu memanfatkan test event Asia Games ini untuk ukir prestasi pada saatnya nanti.

“Minimal kita bisa meraih medali perunggu pada Asian Games  nanti. Tentunya kita berharap para atlet mampu meraih prestasi lebih dari itu, yaitu  meraih medali emas Asian Games” tambah Selvyana.

Sementara itu Competition Director Test Event cabor menembak  Asian Games, K S Henry Oka mengatakan kegiatan ini menjadi bagian penting bagi persiapan Indonesia selaku tuan rumah Asian Games 2018.

Terutama dari segi kepanitian serta persiapan atlet Indonesia, khususnya  dalam menerapkan aturan ISSF sebagaimana yang akan dipertandingkan nantinya.

Baca juga :  Amman Mineral Gelar Dua Turnamen untuk Cetak Atlet Tenis Muda Indonesia Berprestasi

Salah satunya adalah penerapan pada nomor-nomor baru yang untuk pertama kalinya akan dipertandingan pada Asian Games 2018 mendatang, yaitu nomor 10 meter air pistol mix team, 10 meter air rifle mis team  dan trap mis team.

Oka berharap dengan test event ini semua yang terlibat bisa berdaptasi dengan baik, disamping 15 nomor lainnya yang juga akan dipertandingakan di Asian Games tahun depan.

Hal senada juga diutarakan Sigit Wibowo selalu Venues Even kegiatan ini. Sigit yang juga Sekretaris Pengprov Perbakin Sumatera Selatan ini mengharapam tes event di Jakarta dan Cilodong dapat berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga mampu diterapkan pada venues yang sesungguhnya di Lapangan Tembak Jakabaring Sports City di Palembang saat Asian Games tahun depan.

Menurutnya test event di Lapangan Tembak Senayan dan Cilodong dilaksanakan karena Lapangan Tembak di Palembang masih dalam tahap renovasi dan pembangunan.

Baca juga :  Persija Ikuti Piala AFC,  Jadwal Semifinal Piala Presiden Berubah

Pihaknya berharap semua yang terlibat di test event saat ini mampu menerapkannya dalam uji coba  pada saat kejuaraan menembak  Indonesia Open pada bulan Maret 2018 mendatang di Palembang.

Pada kejuaran tersebut semua unsur kembali dilibatkan, selain itu juga akan diundang negara-negara peserta Asian Games. Tentunya kejuaraan bertarap internasional itu mampu menjadi persiapan akhir bagi cabor menembak, selain  mengunakan venues Asian Games sesungguhnya, para pesertanya juga akan bertanding di Asian Games mendatang.