, Indotimes.co.id – Pelita Jaya Bakrie Jakarta keluar sebagai pemenang dalam bigmatch hari pertama Seri 1 2022 kontra Satria Muda . Pelita mengalahkan SM Pertamina 69-65 pada laga yang berlangsung di Gedung Basket Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, Sabtu (15/1).

Pertandingan ulangan final IBL musim lalu itu, Pelita Jaya langsung menggebrak diawal laga dengan unggul 8-0. Andakara Prastawa dkk akhirnya unggul 15-7 pada kuarter pertama.

Membuka kuarter kedua, Pelita kembali melesat, 32-7 namun angka mereka kemudian terhenti ketika Satria Muda memperbaiki dan terus memperkecil selisih dan hanya tertinggal delapan angka. Pelita unggul 36-28 memasuki kuarter kedua.

Kuarter ketiga laga semakin seru. Satria Muda sempat mendekat lewat tembakan Sandy Ibrahim, namun Pelita tetap mampu menjaga selisih dan menutup kuarter dengan skor 51-46.

Satria Muda menggebrak pada kuarter keempat. Mereka sudah mampu berbalik unggul ketika waktu tersisa 6:21 detik, 55-54. Namun Hardian Wicaksono dan Vincent Kosasih kembali membawa Pelita Jaya unggul 58-55.

Tinsley mencetak dua angka, tiga lemparan bebas Hardian dan lay up Prastawa membawa Pelita Jaya memimpin, 63-57. Dua lemparan bebas Juan Laurent dan under basket Elijah Foster dibalas tambahan dua angka dari Hardian 65-61.

Satu free throw Foster memangkas kedudukan menjadi 65-62 diwaktu tersisa 2:30 menit. Tambahan tembakan tiga angka Avan Seputra membuat angka menjadi sama 65-65 pada waktu tersisa di bawah 41:05 detik. Namun, setelah time out, Vincent mencetak poin, sekaligus membawa Pelita Jaya kembali unggul 67-65, ketika tersisa 25:57 detik.

Pelatih Satria Muda Youbel Sondakh meminta time out. Namun lagi-lagi serangan Satria Muda gagal menjadi poin, setelah Arki Dikania Wisnu melakukan tune over, memaksa Foster melakukan unsportmanlike Foul berbuah lemparan bebas yang menghasilkan satu angka dari Hardian, 68-65 di waktu tersisa 1 menit 7 detik. Satu free throw Muhammad Arighi menutup kemenangan Pelita Jaya dengan skor akhir 69-65.

Dalam laga super ketat itu, Dior Lowhorn dan Andakara Prastawa masing masing mencetak 12 angka, dan Hardian dengan 10 angka bagi Pelita Jaya. Sementara dari kubu Satria Muda, Foster mencetak double double dengan catatan 20 poin dan 16 rebound.

Pada laga lainnya di hari pertama gelaran IBL Tokopedia 2022, West Bandits Combiphar Solo menang meyakinkan atas RANS PIK Basketball dengan skor 75-57.

’Monta Harris tampil cemerlang dengan sumbangan 18 poin untuk kemenangan tim yang dipimpin artis Gading Martin atas tim milik di laga perdana di kompetisi bola basket kasta tertinggi di tanah air itu.

Pertandingan lainnya, Prawira mampu mengatasi permainan Pacific Caesar dengan skor 71-54. Pemain impor Taj Davis Spencer jadi penyokong utama kemenangan Prawira lewat torehan 21 poin, ditambah 14 poin dari Yudha Saputera, serta 11 poin dari Abraham Damar Grahita.

Sedang poin Pacific Caesar disumbangkan oleh pemain asing mereka Tyron Lamar Criswell dengan 13 poin, Akeem Garfield Ellis 10 poin, dan Gregorio Claudie Wibowo dengan 12 poin.