JAKARTA, Indotimes.co.id – Indonesian Basketball League (IBL) menggelar draft para pemain asing pada Jumat (5/10) malam di Hotel Santika Jakarta. Para pemain ini akan memperkuat 10 klub peserta Kompetisi IBL 2018 ini.

Dalam draf pemain asing ini, setiap klub IBL berhak memilih 2 pemain asing dengan batasan maksimal 4 ribu dolar Amerika atau setara Rp 67 juta per bulan. Klub-klub juga hanya boleh memilih satu big man dengan satunya lagi harus bertinggi dibawah 188 cm.

“IBL total menyediakan 186 pemain asing yang bisa dipilih. Harapannya kita bisa mendukung tim-tim dengan pemain asing berkualitas sehingga bisa membuat liga lebih kompetitif dan menarik lagi,” ujar Direktur IBL Hasan Gozali.

Menurut Hasan Gozali, klub-klub IBL juga diperbolehkan mempertahankan satu pemain asing yang pernah dipakai musim lalu. Hanya tiga klub yang mengambil opsi ini yakni Satria Muda, Pelita Jaya dan Satya Wacana.

Baca juga :  INAPGOC Berikan Penghargaan Bagi Sponsor Pendukung Asian Para Games 2018

Pelita kembali memakai Wayne Bradford, Satria Muda mempertahankan Dior Lowhorn. Sedangkan Satya Wacana kembali mempercayakan Madarious Gibbs.

Khusus Satria Muda mereka tidak mengambil draf pemain asing, mereka praktis tak mengubah komposisi pemain asing seperti musim lalu. Mereka mempertahankan Dior Lowhorn dan satu jatah tersisa dipakai Satria Muda untuk pemain naturalisasi Jamarr Andre Johnson. Lowhorn dan Jamarr merupakan kunci sukses SM juara IBL musim lalu.

Pelita melengkapi kuota pemain asing dengan mengambil Kore White yang sudah pernah bermain untuk mereka saat menjuarai IBL 2017. Adapun Stapac Jakarta memilih Keenan Allah Peterson dan Jordin Mayes.

Kejutan lain adalah tidak adanya klub-klub IBL yang memilih eks pemain NBA, Smush Parker. Mantan rekan setim Kobe Bryant itu bergaji besar 3.000 dolar AS.

Kompetisi IBL 2018 akan diikuti 10 klub, yang akan bergulir mulai 30 November 2018 hingga April 2019 mendatang. ke-10 klub itu adalah Pelita Jaya Jakarta, Satria Muda Jakarta, Stapac Jakarta, Garuda Bandung, Pacific Caesar Surabaya, Hangtuah Sumsel, NSH Jakarta, Siliwangi Bandung, Satya Wacana Salatiga, dan Bima Perkasa Yogyakarta.

Baca juga :  AIA Bantu Kemenpora Cetak Pelatih Sepak bola Berkualitas

Berikut ini nama-nama pemain asing yang akan memperkuat klub peserta Kompetisi IBL 2018.

Stapac Jakarta :
Keenan Allah Peterson
Jordin Mayes

Siliwangi Bandung :
Martavious Irving (guard)
Michael Viglance Jr (bigman)

NSH Jakarta :
Anthony Simpson (bigman)
Dashaun Wiggins (guard)

Bima Perkasa Yogyakarta :
Zachary David Allmon (bigman)
Leshaun Murphy (guard)

Satya Wacana Salatiga :
Madarious Gibbs (guard)’
Ronald Whitaker (bigman)

Hangtuah Sumsel :
Jarad Lee Scott (bigman)
Gary Jacobs (guard)

Pacific Caesar Surabaya :
Anthony Denell January (bigman)
Matthew Douglas van Plet (guard).