Pemerintah Diminta Terus Tingkatkan Kesejahteran Atlet

JAKARTA, Indotimes.co.id –Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga  (Kemenpora) diharapkan terus meningkatkan kesejahteraan para atlet nasional berprestasi di level internasional. Pemberian penghargaan bagi atlet berprestasi hendaknya tidak sekadar bonus, namun  lebih pada yang menjamin masa tua mereka.

Demikian dikatakan wartawan olahraga senior Mahfudin Nigara dalam Bimbingan Teknis  Media Olahraga Mendukung Pencapaian Prestasi Olahraga Nasional di Jakarta, Jumat (24/11).

Menurut Nigara, pemberian tunjangan hari tua bagi para atlet berprestasi di level Asian Games, Olimpoiade dan Kejuaraan dunia sebagai langkah maju dan perlu didukung semua pihak.

Jika masa depan dan kesejahteran atlet sudah terjamin dengan undang-undang maka, maka akan semakin mendorong munculnya para atlet masa depan Indonesia yang andal.

Pemberian bonus yang cukup besar serta mengupayakan para atlet berprestasi mendapat promosi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN/PNS) sebagai trobosan yang menjanjikan.

Baca juga :  Kemenpora Apresiasi Keseriusan Tim Satgas Antimafia Bola Polri

Dengan demikian jika masa depan atlet akan lebih terjamin kesejahteraanya dan hari tuanya, bukan tidak mungkin banyak generasi muda terbaik Indonesia yang akan muncul menjadi atlet masa depan Indonesia.

Selain masalah kesejahteraan atlet yang mendorong pecapaian prestasi, dukungn media juga sangat menentukan sukses prestasi atlet.

“Sebagai kontrol sosial, media mampu mengawasi jalannya program pembinaan serta organisasi olahraga yang ada. Untuk itulah media diminta berperan aktif dalam membantu kemajuan dan pencapaian prestasi olahraga nasional,” ujar wartawan senior  Tubagus Adi dalam Bimtek Media Olahraga yang mengambil tema “Peran KONI Pusat dalam pembinaan prestasi olahraga nasional untuk menyukseskan penyelenggaraan Asian Games XVIII/2018 dan Asian Paragames 2018.

Perlu Dukungan Media

Sebelumya  Ketua Bidang Humas dan Media KONI Pusat Aziz Manaf mengatakan tanpa kehadiran media, panggung olahraga tidak akan ada gaungnya. Peran media sangat diperlukan bagi kemajuan Olahraga di Tanah Air.

Baca juga :  CIMB Niaga Indonesia Open Aquatic Championship 2017 jadi Ajang Test Event Asian Games 2018.

“Ketua KONI Pak Tono pernah mengatakan, tanpa pemberitaan media, dunia olahraga tidak  ada apa-apanya. Karena itu, peran media memang sangat besar untuk membangun olahraga di Tanah Air,” kata Aziz,dalam sambutannya pada acara Bimbingan Teknis Media Olahraga Mendukung Pencapaian Prestasi Olahraga Nasional di Hotel 88 Jakarta.

Menurut Aziz saat ini, Indonesia tengah menyongsong Asian Games 2017, karenanya peran media sangat dibutuhkan untuk menyukseskan pesta olahraga paling bergengsi di kawasan Asia tersebut, baik sebelum berlangsung maupun yang sedang berlangsung.

“Pengaruh  Media sangat besar untuk mensukseskan Asian Games 2018. Tanpa media, apapun yang dikerjakan di Asian Games tidak akan ada gaungnya,”  ungkap Aziz.

Karenanya  kegiatan diskusi ini sangat berguna insan media bagaimana turut mensukseskan kegiatan Asian Games dan Asian Paragames, khususnya pencapaian prestasi atlet Indonesia di Asian Games dan Asian Paragames mendatang.