TOKYO, Indotimes.co.id – Cabang olah raga para bulu tangkis mulai melakukan pertadingan pada Rabu, 1 September 2021. Meski telah berada di Tokyo sejak 19 Agustus lalu, tim para bulu tangkis Indonesia sempat melakukan pemusatan latihan selama seminggu di Kota Machida sebelum berkumpul dengan atlet lain di wisma atlet Tokyo pada 26 Agustus lalu.

Sejak berada di Tokyo, para pebulu tangkis juga melanjutkan latihan di ibu kota Jepang tersebut. Program latihan yang diberikan pelatih juga tidak terlalu berat. Leani Ratri Oktila dkk, hanya diberi latihan ringan dan pertandingan.

“Latihan hari ini hanya stroke ringan. Kami juga diberi program untuk menjalani pertandingan antar sesama pemain,” ucap Leani Ratri Oktila, pebulu tangkis putri andalan Indonesia.

Pada Paralimpiade Tokyo 2020 ini,  Ratri akan tampil di tiga nomor sekaligus pada. Dia akan turun di nomor tunggal putri SL4, ganda putri SL3-SU5 berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah,  serta ganda campuran SL3-SU5 berpasangan  bersama Hary Susanto.

Selama dua minggu di Jepang, Ratri mulai terbiasa dengan kondisi cuaca di Tokyo. Namun, pemain berusia 30 tahun itu kini dihadapan dengan tantangan lain.

“Untuk cuaca dan udara di sini tidak berbeda jauh dengan Indonesia jadi tidak ada masalah. Tetapi selama di sini harus punya tantangan baru. Berhubung di sini makanannya enak-enak jadi saya harus bisa mengontrol nafsu makan supaya tidak terlalu berlebihan makannya,” jelas Ratri.

Undian pembagian grup para bulu tangkis telah dilakukan, namun Ratri mengaku masih buta akan kekuatan lawan yang akan dihadapi nanti.

“Karena selama pandemi ini tidak ada turnamen yang digelar, maka saya begitu tahu kekuatan lawan. Tapi saya pasti akan berjuang semaksimal mungkin nanti,”  ujar Ratri.

Atlet kelahiran 6 Mei 1991 itu akan memulai debutnya di Paralimpiade Tokyo 2020 pada Rabu (1/9) saat tampil di penyisihan GRUP A ganda campuran SL3-SU5 berpasangan dengan Hary Susanto yang akan berhadapan dengan pasangan jepang, Daisuke Fujihara/Akiko Sugino.

Keesokan harinya, Kamis (2/9) Ratri akan memainkan dua pertandingan sekaligus yakni di penyisihan Grup B ganda putri SL3-SU5 berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah melawan ganda Thailand, Nipada Saensupa/Chanida Srinavakul, kemudian dia juga harus melawan rekan senegaranya, Khalimatus Sadiyah di penyisihan Grup A tunggal putri SL4.