JAKARTA, Indotimes.co.id – Persiapan pelaksanaan Asian Para Games III/2018 sudah mencapai 90 persen, baik dari kesiapan venue, volunteer, serta seluruh hal teknis yang berkaitan dengan games times. Begitu juga persiapan para atlet para games Indonesia yang akan berlaga pada ajang pesta akbar olahraga kaum disabilitas se-Asia tersebut.

Hal tersebut dikatakan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, seusai memimpin rapat pleno koordinasi panitia Asian Para Games 2018 di Kemenpora, Kamis (13/9).

“Sudah hampir 90 persen, baik venue, volunteer, sistem, dan yang lebih penting bagaimana temanteman turut mempublikasikan logo, semangat Asian Para Games, serta figur dan para atlet ke penjuru tanah air,” ujar Imam, yang didampingi Ketua Panitia Pelaksana Asian Para Games 2018 (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari, dan Chef de Mission (CdM) Asian Para Games, Arminsyah.

Baca juga :  Optimis Timnas Putri 3x3 Raih Emas SEA Games

Menurut Imam, rapat ini untuk memastikan seluruh kesiapan yang dilakukan. Hal ini perlu dilakukan, mengingat Asian Para Games adalah langkah untuk menjaga harkat dan martabat bangsa yang betul-betul dipersiapkan dengan matang oleh INAPGOC.

Tak hanya itu, kesiapan secara prestasi juga sudah diupayakan dengan maksimal oleh jajaran pimpinan Kontingen Asian Para Games Indonesia. “Pak Okto dan CdM Indonesia terus mengawal, tentu sukses penyelenggaraan, prestasi akan kita berikan kepada Indonesia dan semuanya sudah dilaksanakan dengan baik,” kata Imam.

Sementara itu, Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari menjelaskan khusus untuk venue, sesuai rencana akan beres seluruhnya pada 25 September ini. Tapi, karena ada permintaan percepatan, pihak INAPGOC pun langsung bergerak cepat untuk menyelesaikan kesiapan venue lebih awal dari yang direncanakan.

“Kalau dalam perencanaan kami tanggal 25, tapi hari ini ada permintaan beberapa venue mungkin kita akan lakukan percepatan dan bisa selesai sebelum 25 September. Perencanaan sudah kita mulai dari enam bulan lalu, ini membutuhkan support dari semua pihak agar waktu ini kita bisa jaga dengan baik,” kara Okto, sapaan akrab Raja Sapta Oktohari .

Baca juga :  Justin/Ruan Melaju ke Final Combiphar Tennis Open 2019

Di sisi lain, CdM Kontingen Asian Para Games Indonesia, Arminsyah memastikan kesiapan atlet untuk meraih prestasi sejalan dengan kesiapan INAPGOC menyukseskan pelaksanaan Asian Para Games 2-018.

“Atlet sudah delapan bulan berlatih di Solo dan sudah dua cabor yang ke Jakarta, lawn ball dan menembak, selebihnya masih di Solo sambil menunggu kesiapan venue dan juga kesiapan wisma. Kami tegaskan, setiap cabor siap untuk meaih prestasi tinggi,” jelas Arminsyah yang juga Wakil Jaksa Agung RI.

Pada bagian lain Menpora Imam Nahrawi, juga menjelaskan dalam rapat pleno tersebut juga dibahas masalah publikasi, dimana akan manfaatkan betul sosial media maupun media-media lainnya.

Selain itu juga akan meminta arahan Ibu Menko PMK agar seluruh kementerian/lembaga, gubernur dan bupati untuk memasang logo Asian Para Games di instansi maupun sekolah.

“Kita juga akan meminta pada Kapolri maupun Panglima TNI yang kemarin sudah mensosialisasikan Asian Games sampai ke pelosok-pelosok untuk juga melakukan hal yang sama pada Asian Para Games,”pungkas Imam.