Persib Bandung Bidik Tiga Poin, Amankan Tiket AFC Cup

JAKARTA, Indotimes co.id – Persib Bandung tampaknya lebih realistik, dalam mengejar target meraih juara BRI Liga 1 2021/2022. Tim berjuluk ‘ Maung Bandung’ ini lebih membidk tiket tampil di ajang AFC Cup musim depan.

Persaingan menjadi jawara Liga 1 dengan Bali United memang sulit digapai, mengingat  Bali United  unggul selisih lima poin. Tim asal Bali itu kini mengoleksi 72 poin, sementara Persib dengan  67 poin. Praktis Bali United hanya butuh satu poin untuk mengamankan gelar juara Liga 1 tahun ini.

Meski sama-sana menyisakan dua laga akhir, Bali United cukup diuntungkan  lima poin serta selisih gol.

Kondisi inilah membuat pelatih Persib, Robert Rene Alberts lebih
realistis. Pelatih asal Belanda lebih memfokuskan timnya mengamankan tiket tampil diajang bergensi AFC Cup musim depan.

Menurutnya hal itu tidak berarti Persib menyerah untuk menjadi jawara Liga 1 tahun ini. Timnya memang wajib memenangkan dua laga laga sisa, untuk meraih poin maksimal 70.

Tambahan tiga poin pada laga di pekan ke 33 lanjutan kompetisi Liga 1, jika mampu mengalahkan Persik Kediri, pada Jumat (25/3) sudah pasti mengunci posisi mereka di posisi Runner Up ataupun peringkat ketiga Liga 1, yang berhak tampil di AFC Cup.

Meminjam istilah ‘ Bola Itu Bundar’ tentunya wajib bagi Persib memenangkan dua laga sisa, karena Bali United bisa saja tergelincir di dua laga sisa, alias gagal dapat poin. Tentunya tambahan 6 poin bagi Persib bisa membawa mereka menjadi kampium Liga 1 tahun ini.

Memang itu mustahil, namun tekad squad Persib menyapu bersih dua laga akhir, menjadi kunci untuk.menjadi yang terbaik musim ini. Kalaupun gagal, mereka ‘Anak-anak Bandung ini sudah memegang tiket ke aja g bergensi di level Asia, AFC Cup musim depan.

Di sisi lain, seandainya Bali United meraih kemenangan di pekan ke-33 kontra Persebaya Surabaya, sudah dapat dipastikan mereka akan kampiun Liga 1 musim ini.

Tentunya , Persib Bandung tidak mau kecewa lebih dalam, jika gagal dalam perburuan gelar.

“Kami berada di posisi kedua dan itu artinya kami bisa lolos ke Piala AFC. Itu (lolos AFC Cup) menjadi salah satu target kami. Kami harus dapat satu kemenangan (lagi) untuk ke AFC Cup. Itu penting bagi tim seperti Persib,” ungkap Rene Alberts.

Dia menjelaskan, tim besar seperti Persib Bandung harus merasakan kompetisi level Asia. Target itu ia kejar demi meningkatkan kualitas dan nama besar klub.

“Target kami itu adalah bagaimana membuat Persib Bandung setiap tahun bisa terus tampil di level Asia dan besar harapannya bisa mengawali dari kualifikasi Liga Champions Asia. Di masa yang akan datang, kami harus mematok target yang lebih tinggi lagi.” tandasnya.

Untuk diketahui, Indonesia memiliki jatah tiga tim untuk bermain di level kompetisi Asia, yaitu Liga Champions Asia dan Piala AFC. Tiga klub teratas di  Liga 1 musim ini memiliki kans bermain di kompetisi tersebut.

Untuk peringkat satu bisa mewakili Indonesia di Liga Champions Asia. Hanya saja, wajib melalui babak playoff regional Timur terlebih dahulu.

Sementara itu,, dua klub lainnya, masuk ke Piala AFC musim depan. Dari dua tersebut, satu di antaranya dipastikan masuk ke fase grup. Sedangkan satu lainnya harus melalui babak playoff.

Exit mobile version