JAKARTA, Indotimes.co.id- Indonesia mengungguli Venezuela 2-0 dalam laga hari pertama babak Play Off Grup ll Piala Davis di Stadion Tenis Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (4/3). Hasil positif ini membuat pasukan Febi Widhiyanto optimis menenangkan laga atas Venezuela, pada hari kedua pertandingan, Sabtu (5/3).

Dua petenis tunggal andalsn Merah Putih berhasil menyapu bersih kemenangan. M. Rifqi Fitriadi (23 tahun) sukses mengalahkan Francisco (18) Lamas Villarroel straight sets 6-3 6-4. Sedang Christopher’Christo’
Rungkat menepiskan perlawanan Luis David Martinez 7-6(4) 6-1.

“Alhamdulillah, kami bisa memetik angka sempurna di hari pertama. Namun harus diingat, kami belum menang. Masih ada tiga matches di hari kedua, Sabtu besok,” ujar kapten tak bermain tim tuan rumah, Febi Widhiyanto, seusai pertandingan.

Mantan petenis nasional itu menyiratkan akan mengganti pasangan yang akan tampil membuka laga nomor ganda pada hari kedua, Sabtu (5/3).

“Pilihan utamanya pasti Christo, namun siapa pasangannya kami akan diskusikan malam ini. Kami ingin tuntaskan kemenangan di nomor ganda,” imbuhnya.

Sesuai aturan Piala Davis, setiap tim bisa mengganti komposisi ganda hingga satu jam sebelum pertandingan. Venezuela menyiapkan ganda terkuatnya, yakni Luis David Martinez yang bercokol di peringkat 129 ganda dunia bepasangangan dengan Jordi Munoz-Abreu.

“Saya cocok duet dengan Rifqi, namun tetap harus memikirkan kemungkinan Rifqi harus bermain tunggal berurutan di partai keempat. Saya sendiri siap bila harus bermain rangkap,” ungkap Christo, menanggapi kemungkinan dipasangkan dengan Rifqi.

Febi, menginginkan Indonesia mampu meraih poin kemenangan lewat nomor ganda, sekaligus memenangkan laga atas Venezuela, menjadi 3-0 langsung, meski msh ada dua sisa nomor tinggal pada hari kedua pertandingan pada Sabtu (5/3).

Kemenangan dalam babak ini akan menyelamatkan Indonesia bertahan di Grup Dunia ll Piala Davis. Sebaliknya kekalahan bakal melemparkan ke jurang degradasi Grup lll Zona.