Plt Menpora Muhadjir Effendy akan Konsen Menghadapi Banyaknya Agenda Olahraga

JAKARTA, Indotimes.co.id – Pelaksana tugas Menteri Pemuda dan Olahraga (Plt Menpora) Muhadjir Effendy menyatakan akan konsen terhadap banyaknya event olahraga internasional dan nasional yang sebentar lagi akan digelar di Indonesia .

Hak tersebut disampaikan Muhadjir, saat bertatap muka dan makan siang bersama awak media di Media Center, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Senayan, Jakarta, Jumat (17/3) siang.

Muhadjir yang didampingi Sesmenpora Gunawan Suswantoro, hadir ke Media Centet seusai sholat Jumat di Masjid Muwwahidin Kemenpora.

Pada kesempatan itu, Muhadjir menjawab pertanyaan awak media
terkait perkembangan olahraga di Indonesia yang salah satunnya terkait persiapan Piala Dunia U-20.

Menurutnya sepak bola adalah olahraga rakyat yang paling universal dan itu ditangani langsung oleh FIFA.

“Saya mengatakan bahwa olahraga itu sifatnya harus netral, tidak boleh ada diskriminasi atau pengecualian, apalagi sepak bola adalah olahraga rakyat paling universal. Oleh karena itu harus ada pembicaraan yang lebih moderat termasuk mengenai salah satu peserta yang ada di Piala Dunia U-20 nanti. Saya yakin FIFA juga memahami posisi di Indonesia,” ujarnya.

Untuk menyukseskan perhelatan Piala Dunia U-20 nanti, Muhadjir mengatakan perlu ada sosialisasi kepada masyarakat agar penyelenggaraan Piala Dunia U-20 nanti bisa berjalan dengan baik.

“Saya kira kita semua perlu sosialisasi kepada masyarakat agar kita bisa menjadi tuan rumah yang baik di Piala Dunia U-20 nanti, dan penting juga disampaikan oleh rekan-rekan media,” tambahnya.

Selain Piala Dunia U-20, Plt Menpora juga menyampaikan mengenai perkembangan SEA Games 2023 di Kamboja, yang menurutnya Kemenpora terus mengawal dan mengikuti perkembangan persiapan para atlet Indonesia yang akan berlaga di pesta olahraga multi event se Asia Tenggara itu.

Begitu pula dengan perkembangan olahraga level nasional, diantaranya persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

“Tentunya juga terus dipersiapkan, untuk agenda olahraga nasional, kita sudah menyiapkan PON 2024 yang di Aceh dan Sumatera Utara,” tandasnya.