Plt Menpora Resmi Lantik Surono Jadi Deputi IV Kemenpora

JAKARTA, Indotimes.co.id –
Pelaksana tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Muhadjir Effendy secara resmi melantik dan mengambil sumpah
Dr. Surono S.pd.,M.pd sebagai Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Wisma Kemenpora Senayan, Jakarta, Kamis (30/3).

Selain Surono, turut pula dilantik dan diambil sumpah Dr. Drs. Yohan, M.Si sebagai Staf Ahli Bidang Inovasi Kepemudaan dan Keolahragaan Kemenpora.

Menurut Muhadjir pelantikan ini dilakukan untuk mengisi jabatan eselon 1 yang kosong, terutama Deputi IV memiliki pemimpin yang definitif.

Karenanya, lanjut Muhadjir, begitu surat dari istana baru tiba Kamis pagi, pihaknya. langsung meminta untuk melakukan pelantikan pada sore ini.

“Saya minta cepat agar tugas-tugas untuk para pejabat ini bisa segera dijalankan,” tegasnya.

Pelantikan keduanya berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 43/TPA Tahun 2023 Pengangkatan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Keppres tersebut ditetapkan di Jakarta pda 28 Maret 2023.

Pada kesempata itu, Muhadjir juga mengingatkan agar para pejabat yang baru dilantik dapat menggunakan dan menjalankan amanah yang dimiliki sebaik-baiknya, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang melekat di jabatan yang diemban oleh pejabat yang dilantik.

“Jangan ada jeda ya, jadi hari ini dilantik, nanti malam sudah bisa langsung kerja,” tegasnya.

Muhadjir kemudian mengucapkan selamat kepada Surono dan Yohan atas pelantikan ini. Muhadjir yakin keduanya akan melakukan tugas dengan baik.

“Selamat atas dua pejabat yang baru saja dilantik. Saya percaya bahwa saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan,” tandasnya.

Sementara itu, Surono yang baru dilantik mengaku siap menjalankan tugas-tugas yang diembankan kepadanya.

Terdekat, menurut Surono tugas utama yang harus langsung dijalankan ialah memaksimalkan persiapan kontingen Indonesia ke SEA Games 2023 Kamboja.

“Tugas terdekat ialah SEA Games. Mengkoordinasikan dengan NOC dan sesegera mungkin berjumpa dengan Ketum NOC untuk menentukan cabor dan jumlah kontingen serta menganalisis potensi medali yang bisa diperoleh oleh kontingen,” ungkapnya.

Sebagai diketahui setelah FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, tugas terdekat Kemenpora ialah menyiapkan kontingen Merah Putih untuk tampil di SEA Games 2023 Kamboja yang digelar mulai 5 Mei mendatang.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, seluruh pejabat eselon satu dan dua serta para staf khusus di lingkungan Kemenpora. Sedangkan hadir sebagai saksi yaitu Sesmenpora Gunawan Suswantoro dan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta.