NUSA DUA, Indotimes.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi kepada tim bulutangkis Indonesia yang berhasil memboyong kembali Piala Thomas. Keberhasilan ini juga merupakan kebanggaan yang ditunggu-tunggu seluruh rakyat Indonesia..

Apresiasi tersebut disampaikan Kepala Negara kepada tim Piala Thomas di Bali International Convention Center & Westin Resort di Nusa Dua, Bali, Kamis (2/12) sore. Selain 12 pemain anggota tim dan pelatih, juga hadir Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi, ingin menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para atlet bulutangkis kita, juga kepada PBSI yang telah membawa Piala Thomas, setelah 19 tahun keluar dari Indonesia,” kata  Jokowi.

Menurut Jokowi, keberhasilan ini merupakan sebuah kebanggaan bagi bangsa Indonesia. Seluruh rakyat Indonesia yang menunggu lama, akhirnya Piala Thomas bisa kembali ke Tanah Air.

“Ini adalah sebuah prestasi yang telah ditunggu-tunggu lama oleh seluruh rakyat Indonesia dan saya sekali lagi ingin menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya untuk Piala Thomas maupun untuk prestasi-prestasi yang lainnya, yang tadi sudah disampaikan bapak Ketua Umum PBSI,” tambah Jokowi.

Baca juga :  Indonesia Raih 10 Emas Kejuaraan Renang SEA Age Group 2019

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna menyatakan bahwa Indonesia setelah menanti selama 19 tahun, akhirnya bisa merebut kembali Piala Thomas dalam perhelatan yang berlangsung di Denmark, Oktober silam.

“Sukses ini bukan hanya berkat kerja keras dan kerja sama para pemain, pelatih, dan ofisial. Tetapi juga berkat dukungan pemerintah Republik Indonesia,” kata Agung.

Disampaikan oleh Agung, PBSI tak hanya mencetak atlet berprestasi kelas dunia, tetapi juga bisa menggelar turnamen kelas internasional yang kini berlangsung di Bali dan juga disaksikan langsung oleh Presiden.

Tiga ajang yang dikemas dalam Indonesia Badminton Festival 2021 tersebut, memanggungkan tiga turnamen. Yaitu, Daihatsu Indonesia Masters, SimInvest Indonesia Open, dan HSBC BWF World Tour Finals 2021 di Nusa Dua, Bali.

“Kami sampaikan, setelah menanti lama, akhirnya di era Pak Presiden Jokowi, Piala Thomas bisa berhasil kita rebut kembali,” tandas Agung.

Baca juga :  “10.01 Cerita Bola” Buku Memoar Sepakbola Achsanul Qosasi

Presiden Jokowi sebelumnya menyempatkan untuk menikmati pertandingan bulutangkis ajang HSBC BWF World Tour Finals 2021 di Bali International Convention Center & Westin Resort di Nusa, Funa, Bali.

Presiden menonton pertandingan yang mempertemukan tunggal putri Pusarla V. Sindhu (India) melawan Yvonne Ki (Jerman) dan nomor ganda campuran, Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang) melawan Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (Malaysiia) yang digelar berbarengan di dua lapangan.

Selain itu, Jokowi menyempatkan pula berlatih bulutangkis bersama para pemain di practice hall. Di antaranya, kepala negara berpasangan dengan Jonatan Christie menghadapi Agung yang berduet dengan Hendra Setiawan