- Advertisement -

Presiden Jokowi Resmi Lantik Dito Ariotedjo jadi Menpora

Presiden Jokowi Resmi Lantik Dito Ariotedjo jadi Menpora
- Advertisement -

JAKARTA, Indotimes.co.id – Presiden RI Jokowi (Jokowi) melantik Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau yang biasa dipanggil Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang baru pada Senin (3/4) petang ini di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Dito menggantikan posisi Menpora yang semula dijabat Zainudin Amali yang sebelumnya mengundurkan diri dari Menpora dan menjadi Wakil Ketua Umum PSSI.

Pelantikan Dito sebagai Menpora itu berdasarkan Keppres Nomor 26/P/2023 tentang Pengangkatan Menpora Kabinet Indonesia Maju.

- Advertisement -

Dengan telah dilantiknya Dito sebagai Menpora, dia secara resmi mengail alih tampuk pimpinan Kemenpora dari Pelaksana tugas (Plt) Menpora Muhadjir Effendy.

Kepada media seusai pelantikannya sebagai Menpora, Dito mengatakan Presiden Jokowi menitipkan beberapa pesan kepadanya, selaku Menpora, yaitu untuk kemajuan pemuda dan olahraga Indonesia.

“Ada tiga poin yang ditekankan Pak Presiden, yang pasti melanjutkan apa yang sudah dimulai dari Menpora sebelumnya Pak Zainudin Amali, semua program seperti Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan juga sentra pelayanan kepemudaan nasional,” kata Dito yang didampingi Sesmenpora Gunawan Suswantoro.

“Yang pertama yaitu beliau ingin SEA Games dan Asian Games kita memprioritaskan cabor yang memiliki potensi medali, jadi harus efisien tetapi juga mendapatkan hasil medali yang terbaik,” tandasnya.

Dito hadir di Istana bersama sang istri, Niena Kirana Riskyana dan sang anak, Sadia serta keluarga.

Menpora Dito kelahiran 25 September 1990, kini berusia 32 tahun. Dia pernah jadi Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022.

Menpora Dito kini menjadi menteri termuda, mengambil alih menteri termuda dalam kabinet Indonesia Maju, yang sebelumnya disandang Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim. Saat itu, Menteri Nadiem berusia 35 tahun.

Dito juga pernah tercatat meraih predikat 30 Under 30 oleh Forbes Indonesia pada 2020. Predikat itu diraih atas gerakan AMPI yang dipimpinnya saat itu.

Dito merupakan satu dari tiga nama anak muda yang diajukan Partai Golkar untuk menjadi Menpora menggantikan Zainudin Amali.

Karier politiknya bersama Golkar, Dito diketahui pernah menjabat Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022.

Selain itu, Dito memiliki sejumlah pengalaman di bidang olahraga. Ia menjabat Chef de Mission Kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina. Dito juga pernah mengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

Kader Partai Golkar itu juga menduduki posisi Chairman Rans Nusantara FC bersama Ragi Ahmad, klub sepak bola peserta Liga 1 2022/2023. Dito pun ikut mengurus Rans PIK Basketball.

Biodata:
Nama : Ario Bimo Nandito Ariotedjo
Lahir: Jakarta/ 25 September 1990 (32 tahun)
Karier:
– Chairman Rans Nusantara FC
– Tim Ahli Menko Perekonomian
– Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022
– Chef de Mission Kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina
– Pungurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

- Advertisement -
Exit mobile version