Presiden Jokowi Resmi Lepas Kontingen Indonesia ke SEA Games Kamboja

JAKARTA, Indotimes.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melepas kontingen Indonesia yang akan bertanding di ajang SEA Games XXXII 2023 Kamboja. Acara pelepasan tersebut berlangsung di halaman Istana Negara, Jakarta, Selasa (2/5).

Dalam sambutan dihadapan para atlet, Presiden Jokowi berpesan agar 599 atlet yang dikirim ke Kamboja bisa meraih hasil yang lebih baik ketimbang edisi sebelumnya.

Bila diingat, pada SEA Games 2021, Indonesia menempati urutan ketiga dengan meraih 69 medali emas. Jokowi pun berharap di SEA Games edisi ke-32 di Kamboja ini, pencapaian Indonesia bisa jauh lebih baik dari itu.
“Saya hanya pesan, di SEA Games (2021) di Vietnam, kita saat itu memperoleh meraih 69 medali emas dan peringkat kita di peringkat ketiga. Sekarang mestinya lebih dari itu. Saya minta emasnya di atas 69, peringkatnya juga di atas tiga,” kata Jokowi.

“Hari ini saya akan melepas kontingen SEA Games ke-32 ke Kamboja yang kita berangkatkan atletnya sebanyak 599 atlet, dan akan mengikuti 31 cabor,” ujar Jokowi pula.

Sebelumnya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, kepada Presiden Jokowi, dalam laporanya mengatakan SEA Games 2023 Kamboja sendiri akan digelar pada 5-17 Mei mendatang.

Menurut Menpora, kontingen besar Indoensia kan diberangkatkan pada Kamis (4/5/).Namun demikain beberapamcabnag olharag telah terlebih dahulu berangkat ke Kamboja, seperti cabang Sepak bola, kriket, hoki indoor, obstacle race, layar, bola voli indoor.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Saptaoktohari dan CdM Kontingen Indonesia, Lexyndo Hakim. Selain itu, para pengurus dari berbagai induk cabor yang dipertandingkan juga ikut meramaikan pelepasan tersebut.

Seperti diketahui, Tim Merah-Putih mengutus kontingen yang besar di ajang SEA Games 2023 Kamboja yang akan berlangsung pada 5-17 Mei mendatang. Indonesia mengirim 599 atlet yang terdiri dari 379 putra dan 220 putri, yang akan tampil di 31 dari 36 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di Kamboja.

Menpora menargetkan Indonesia bisa memetik setidaknya 60 medali emas pada SEA Games tahun ini. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan pada edisi SEA Games 2021 Vietnam. Kala itu, Indonesia hanya mengirim sebanyak 499 atlet.

Pada SEA Games Vietnam, Indonesia berhasil membawa pulang total 241 medali yang terdiri dari 69 emas, 91 perak dan 81 perunggu. Mayoritas medali itu didapat dari cabor menembak dan dayung. Akan tetapi, kedua cabor tersebut tidak dipertandingkan di Kamboja sehingga Skuad Garuda diproyeksikan kehilangan banyak medali.

Oleh karena itu, untuk edisi SEA Games kali ini Indonesia mengirim lebih banyak atlet ke Kamboja. Harapannya agar medali-medali yang hilang tersebut bisa digantikan oleh cabor lain yang menurunkan lebih banyak atlet.