JAKARTA, Indotimes.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (7/8) siang meresmikan Indonesia Arena, venue tertutup terbesar di Indonesia dengan kapasitas 16.249 tempat duduk. Venue yang berada dikawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, ini akan menjadi tempat diselenggarakan FIBA World Cup atau Piala Dunia Bola Basket 2023, mulai 25 Agustus 2023 mendatang.

“Hari ini kita telah memiliki Indonesia Arena dengan 16.000 kapasitas penonton, Rp 640 miliar biaya pembangunan, selama 18 bulan. Sangat cepat pembangunannya,” ujar Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi menambahkan, Indonesia Arena bisa dipakai untuk turnamen basket utamanya, bulu tangkis, voli, futsal, dan juga untuk konser. “Yang mau konser silakan daftar, yakin ini akan lebih banyak digunakan untuk konser, tapi saya lebih senang Indonesia Arena digunakan untuk olahraga,” jelasnya.

Peresmian Indonesia Arena ditandai dengan peletakan telapak tangan oelh Presiden Jokowi, yang dilanjutkan dengan penandatangana prasasti oleh kepala negara.

Pembangunan Indonesia Arena menghabiskan anggaran Rp 640 miliar, dibangun hanya dalam waktu 18 bulan. Indonesia Arena sudah dicoba dalam ajang tes even bertajuk Indonesia Internasional Basketball Invitational (IIBI) pada 2 Agustus, 4 Agustus, dan 5 Agustus 2023 lalu.

Sejumlah menteri turut hadir dalam peresmian Indonesia Arena hari ini, yakni Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menparekraf Sandiaga Uno, Menpora Dito Ariotedjo, Menteri investasi Indonesia /BKPM Bahlil Lahadalia, Mendagri Tito Karnavian, dan Menko PMK, Muhadjir Effendy.