JAKARTA, Indotimes.co.id – Kompetisi bola voli kasta tertinggi di tanah air, PLN Mobile Proliga 2023, akan memasuki babak baru. Untuk pertama kalinya Proliga akan mengoperasionalkan teknologi video challenge, pada perhelatan kompetisi yang akan digelar pada 5 Januari – 19 Maret 2023, di 8 kota besar di Indonesia.

“Kita akan mengoperasionalkan video challenge ini pada pelaksanaan final four, hingga grand final Proliga 2023,” ujar Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty, dalam jumpa pers di kawasan Senayan, Jakarta, Jum’at (30/12).

Final four putaran pertama PLN Mobile Proliga 2023 akan berlangsung di GOR Tri Dharma Gresik (23-26 Februari 2023). Kemudian berlanjut putaran kedua di GOR Jatidiri Semarang (2-5 Maret 2023), serta putaran ketiga di GOR Sritex Arena Solo (9-12 Maret 2023). Sementara perhelatan grand final berlangsung di GOR Amongrogo Yogyakarta (18 dan 19 Maret 2023).

“Adanya teknologi video challenge pada perhelatan PLN Mobile Proliga 2023, merupakan cabang olahraga pertama di Indonesia yang mengoperasionalkan alat canggih ini, pada sebuah kompetisi di dalam negeri,” tambahnya.

Menurut Hanny, penggunaan video challenge ini untuk sementara akan dilakukan pada final four hingga grand final. “Ini kita ujicoba dulu di final four sampai grand final. Nantinya kedepan seluruh pertandingan dari babak reguler kita akan gunakan teknologi ini,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum PP. PBVSI, Komjen Pol (P) Imam Sudjarwo, menyambut baik adanya video challenge yang akan digunakan pada ajang PLN Mobile Proliga 2023. “Ini bentuk komitmen dari PBVSI di dalam memajukan perbolavolian di tanah air, khususnya di PLN Mobile Proliga 2023,” jelasnya.

Imam menilai, keberadaan video challenge dapat membantu untuk mengurangi protes, terhadap keputusan wasit atau petugas pertandingan yang selama ini mewarnai jalannya pertandingan.

“Adanya video challenge diharapkan dapat mengurangi jumlah protes dari para pemain dan pelatih di lapangan, sekaligus meningkatkan kualitas pertandingan yang sudah lama dinantikan ini,” tandasnya.

Setelah sukses menggelar PLN Mobile Proliga 2022 dengan sistem bubble, di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, di penghujung 2022, kini PLN Mobile Proliga 2023 kembali akan digelar di beberapa kota, seperti yang biasanya diadakan sebelum Pandemi COVID-19.

Delapan kota yang akan menjadi tuan rumah pada musim kompetisi yang telah memasuki tahun ke-21 ini, antara lain Bandung, Purwokerto, Palembang, Gresik, Malang, Semarang, Solo, dan akan berakhir di Yogyakarta