BANDUNG, Indotimes.co.id – PSS Sleman secara mengejutkan menyingkirkan tim kuat Persib Bandung 1(2)-1(4) dalam drama adu penalti padad pada laga babak perempatfinal Piala Presiden 2022, di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (1/7) malam.

Persib Bandung salah satu tim yang diunggulkan menjadi juara pada turnamen pramusim Liga 1 ini, harus menerima kenyataan pahit tumbang di kandang sendiri, dari tim berjuluk ‘Elang Jawa’ tersebut.

Pada laga tersebut Persib melakukan rotasi dengan tidak menurunkan pemain asing karena cedera. Pelatih Persib, Robert Rene Alberts menyimpan pemain barunya, Daisuke Sato dari bangku cadangan

Sementara, PSS turut merombak skuadnya karena mepetnya jadwal dari laga terakhir babak penyisihan. Bahkan pelatih PSS, Seto Nurdiantoro, hanya menurunkan satu pemain asing, Ze Valente sebagai starter eleven.

PSS Sleman unggul lebih dahulu, lewat tandukan Boaz Salossa pada menit ke-52. Bahkan tim pasukan Seto Nurdiantoro itu nyaris memenangkan laga ini dalam waktu normal. Sebelum Persib menyamakan kedududkan menjadi 1-1 lewat sepakan penalti Marc Klok pada menit ke-85, menyusul pelanggaran yang dilakukan pemain PSS Sleman, Syaiful terhadap pemain Persib Arsan di kotak penalti.

Skor imbangn 1-1 bertahan hingga waktu normal berakhir, dan pertandingan harus ditentukan melalui adu penalti.

Penendang pertama Persib, Marc Klok yang dengan mudah menjebol gawang PSS. Namun PSS mampu menyamakan gol, lewat Ze Valente sebagai algojo pertama.

Erwin Ramdani didapuk menjadi algojo kedua Persib, gagal melaksanakan tugasnya dengan baik. Sepakan Erwin mampu dihalau menjaga gawang PSS, Ridwan. Sementara penendang kedua PSS, Bagus Nirwanto tanpa kesulitan berhasil menjebol gawang Persib yang dikawal Fitrul.

Persib masih bisa menarik nafas, setelah sepakan keras terukur Rachmat Irianto tak mampu diselamatkan Ridwan. Namun Hambali Tolib yang menjadi algojo ketiga, kembali membawa PSS unggul, setalah sepakannya kembali menjebol gawang Persib.

Lagi-lagi Persib kurang beruntung, penendang keempatnya , Achmad Jufriyanto gagal menjebol gawang PSS. PSS akhir memastikan kemenangan, setelah penendang keempat mereka, Rifki Suryaean mAmpu menjebol gawang Persib, sekaligus memastikan kemenangan mereka atas tim berjuluk ‘Pangeran Biru’ tersEbui dengan skor akhir 1(2)-1(4).

Pelatih PSS Sleman Seto Nusdiantoro bersyukur atas apa yang telah dicapai para pemainnya, sehingga mereka mampu melaju ke babak semifinal Piala Presiden 2022, setelah unggul atas Persib.

“Dari awal kami memang enggak punya target tinggi, saya bilang kami beruntung saat ini, mudah-mudahan di kompetisi nanti keberuntungan ini berlanjut,” kata Seto dalam konferensi pers usai pertandingan.

Menurut Seto, selama Piala Presiden, dia selalu menekankan timnya agar bermain tanpa beban dan meski sudah lolos, dia akan terus mengevaluasi timnya.

“Apalagi hari ini ada kartu merah. Ini jadi pelajaran, apa yang terjadi di pertandingan jadi evaluasi buat kami, buat pemain, jadi harapannya saat kompetisi kami sudah siap,” tandasnya.

Sementara pelatih Persib, Robert Rene Alberts menyebut banyak catatan yang menjadi perhatiannya. Dia pada laga ini, dia terpaksa merombak tim usai lima pemain intinya cedera.

“Perjalanan kami di Piala Presiden terhenti malam ini (kemarin). Babak pertama permainan tidak terlalu menarik dari kedua tim dan kami tidak membuat peluang,” ujar Rober.

Robert mengakui tim tidak bisa membuat penetrasi dari flank dan tidak banyak menyulitkan lawan. Bahkan gol pertama PSS di babak kedua pun disebut Robert tidak seharusnya terjadi.

“Kami seharusnya bisa melakukan tugas lebih baik di 90 menit dan menyelesaikan laga di waktu normal. Kini saatnya untuk bersiap untuk kompetisi Liga 1,” tutup Robert.