JAKARTA, Indotimes.co.id – Ketua Umum PSSI Erick Thohir meresmikan berdirinya Yayasan Bakti Sepakbola Indonesia (YBSI).Terbentuknya Yayasan ini merupakan program dari kepengurusan PSSI 2023-2027.

Yayasan ini diketuai langsung oleh Erick Thohir. Yang menarik, untuk menjadikan yayasan ini mampu berperang optimal bagi kepentingan para insan sepakbola, khusus nya para mantan punggawa timnas, Erick Thohir melibatkan bebera tokoh penting di tanah air

Selain ada nama Taufiequrachman Ruki, Ardan Adiperdana, Rudy Setia Laksmana. Juga ada nama Chandra Hamzah dan Carlo Brix Tewu, sebagai pembina dan pengawas Yayasan.

“Tugas utama Yayasan Bakti Sepakbola Indonesia itu untuk membantu mantan-pemain timnas Indonesia dalam hal kesehatan dan sosial. Selain itu, membantu menyiapkan jenjang karier pemain muda setelah bermain,” kata Erick, saat keterangan resmi di Kantor PSSI GBK Arena Senayan, Jakarta, Kamis (22/6).

Menurut Erick, pihaknya ingin pemain-pemain timnas Indonesia jangan hanya dipuji-puji saat berkontribusi baik, namun dilupakan setelah pensiun. Ini yang PSSI ingin ubah persepsinya. Jadi pemain timnas habis selesai ya selesai. Terpuruk dan terlupakan. Bahkan untuk kesehatan tidak terjamin. Apalagi masa depan.

“Seperti pepatah habis manis sepah diibuang. Kani tidak ingin seperti itu. Ini kenapa kami di yayasan ingin buktikan PSSI hadir merawat dan kenapa yayasan ini dibentuk. Kami juga menggandeng sejumlah tokoh untuk menjadi pengurus di yayasan ini,”tambahnya.

Lebih lanjut, jelas Erick, yayasan ini nantinya akan ada dua program, yakni memberikan jaminan kesehatan bagi pemain-pemain timnas Indonesia setelah pensiun dan penataan karier pemain muda hingga pensiun nanti.

Dalam waktu dekat ini, pihak yayasan akan mendata kembali para mantan pemain timnas yang ada. Termasuk bagi mereka yang kehidupanya memang benar-benar mengalami kesulitan, termasuk dengan kondisi kesehatan mereka ya g menang harus perlu mendapatkan bantuan dari yayasan ini.

Berikut ini daftar nama
Pengurus Yayasan Bakti Sepakbola Indonesia

Pembina Yayasan:
1. Taufiequrachman Ruki
2. Ardan Adiperdana
3. Rudy Setia Laksmana

Pengawas Yayasan:
1. Chandra Hamzah
2. Carlo Brix Tewu
3. Junas Miradiarsyah

Ketua Yayasan:
Erick Thohir

Sekretaris Yayasan:
Susyanto

Bendahara Yayasan:
Ahmad Zulfikar.