JAKARTA, Indotimes.co.id – Operator Kompetisi Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB) menjanjikan hadiah sebesar Rp 5 miliar untuk juara Liga 1 2023/2024 yang akan ditentukan melalui format Championship Series.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus dalam keterangan pers seusai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT LIB yang diselenggarakan di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (20/6).

Menurut Ferry, hadiah Rp 5 miliar yang dijanjikan untuk peraih gelar juara mungkin tidak apa-apanya jika dibandingkan dengan apa yang akan didapatkan oleh klub dari beberapa variabel lain. Ia menyebut ada tiga variabel berbeda yang akan menentukan besaran pendapatan masing-masing klub.

Pertama adalah rating and share dari siaran pertandingan masing-masing klub. Di mana jumlah penonton akan menentukan pendapatan klub. Selanjutnya adalah sporting merit atau pendapatan klub sesuai dengan klasemen akhir. Terakhir adalah lisensi klub, yakni jatah yang disediakan LIB untuk klub yang memiliki lisensi.

Dengan semua variabel itu, menurut Ferry, yang akan didapatkan oleh klub akan lebih besar dari kontribusi tetap yang didapatkan oleh klub. Ferry juga menyebut subsidi yang akan didapat secara merata oleh semua klub peserta akan lebih besar dari musim sebelumnya.

“Sehingga pundi-pundi finansial benar-benar bisa tiga kali dari fix kontribusi yang didapat. Jadi musim depan, klub-klub akan mendapatkan manfaat yang luar biasa,” jelas Ferry.

Ferry menambahkan, selain meningkatkan besaran jumlah hadiah untuk juara kompetisi, PT LIB juga mamastikan akan meningkatkan subsidi klub peserta, klub juga akan mendapatkan lebih banyak pundi-pundi uang dengan sistem yang baru ini.

Ferry yang dipercaya kembali sebagai Dirut PT LIB dalam RUPS tersebut, menjelaskan Kompetisi musim 2023/2024 akan menggunakan format yang sangat berbeda, yakni format musim reguler untuk menentukan klasemen akhir, dilanjutkan menggelar Championship Series untuk empat tim peringkat teratas.

Dimana nantinya dalam babak empat besar, peringkat pertama bertemu peringkat keempat dan peringkat kedua meladeni tim peringkat ketiga dalam pertemuan dua leg kandang dan tandang.

Keempat tim ini akan memperebutkan gelar juara dalam babak gugur dan jatah berlaga di kompetisi Asia.
Selain itu, lanjut Ferry, PT LIB menjaminan kepastian jadwal kompetisi selama satu musim ke depan, memberikan dampak signifikan dari kenaikan nilai jual hak komersial kompetisi tersebut.