, Indotimes.co.id – Jelang berakhirnya Kompetisi Liga 1, PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi Liga Indonesioa merilis kandidat pemain peraih gelar pemain, pemain muda, serta pelatih terbaik Liga 1 2018.
Penilaian untuk menentukan predikat pemain terbaik berdasarkan hasil evaluasi dan rapor pemain yang dilakukan tim Technical Study Group (TSG) selama satu musim kompetisi.

Salah seorang TSG, Sudirman, menyebutkan ada banyak pertimbangan untuk menentukan kandidat pemain terbaik di Liga 1 2018.

Menurut Sudirman, diantaranya pemain tersebut penampilannya harus konsisten pada level teratas, menjadi panutan di dalam tim, menonjol, dan memiliki kepemimpinan.

“Pemain yang bersangkutan harus secara konsisten memperlihatkan sikap positif dan antusias dalam tim,” imbuh Sudirman.

Selain merilis kandidat pemain terbaik, TSG juga menginformasikan beberapa nama yang masuk kandidat pelatih terbaik dan pemain muda terbaik Liga 1 2018.

“Sama halnya penentuan kandidat pemain terbaik, di kategori kandidat pelatih dan pemain muda terbaik, banyak pertimbangan yang harus kami perhatikan. Semuanya tak mudah dan prosesnya panjang,” tandas Sudirman.

Dari daftar yang dikeluarkan nama pemain Barito Putera, Hansamu Yana Pranata menjadi salah satu kandidat pemain muda terbaik. Kapten Timnas Piala AFF 2018 bersaing dengan dua pemain muda lianya, yaitu Osvaldo Ardiles Hay (Persebaya ) dan Febri Hariyadi (Persib ).

Sementara untuk pemain terbaik, tiga nama muncul sebagai kandidat yaitu, Rohit Chand ( Jakarta), Willem Jan Pluim ( ), serta David Aparecido da Silva (Persebaya Surabaya).

Sedang untuk kandidat pelatih terbaik, adalah Robert Alberts (PSM Makassar), Mario Gomez (Persib Bandung), dan Stefano Cugurra (Persija Jakarta.

Kompetisi Liga 1 pekan ini akan memasuki pekan terakhir, penentuan gelar juara akan dutentukan pada laga antara Persija Jakarta melawan Mitra Kukar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta, Minggu (9/12).
Persjia yang saat ini masih memimpin klasemen sementara Liga 1 dengan 59 poin, dibanyangi PSM Makassar dengan 58 poin.

Jika Persija gagal meraih kemenangan atas Mitra Kukar, gelar juara bisa berpindah ke PSM Makassar yang pada hari yang sama menghadapi PSMS Medan.