JAKARTA, Indotimes.co.id – PT Liga Indonesia Baru (LIB) akhirnya mengesahkan regulasi pemain asing untuk Liga 1 musim depan yang bertambah dari enam pemain menjadi delapan pemain asing.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama (Dirut) PT LIB Ferry Paulus, seusai RUPS PT LIB di Hotel Fairmont Senayan Jakarta, Rabu (26/6).

Menurut Ferry ada beberapa keputusan yang telah dihasilkan, salah satunya adalah kesepakatan kuota pemain asing. pada Liga 1 2024/2025 yang akan bertambah.

Ferry menjelaskan dalam RUPS LIB, telah disepakati bahwa kuota pemain asing Liga 1 2024/2025 akan bertambah jadi delapan pemain. Dari delapan pemain itu, klub dibebaskan untuk merekrut pemain dari negara manapun.

“Regulasi pemain, berdasarkan yang sudah ditetapkan, ada delapan pemain asing bebas. Baik itu Asia atau non-Asia,” ujar Ferry Paulus.

Lanjut Ferry, dari delapan pemain asing itu, dibatasi enam yang boleh berada di lapangan. Sisa pemain asing harus duduk di bangku cadangan.

Selain itu juga diputuskan klub peserta Liga 1 2024/2025 sepakat memberi kesempatan tampil untuk pemain U-22 selama 45 menit di setiap pertandingan. Langkah ini dilakukan untuk mempersiapkan pemain menuju SEA Games 2025 yang diikuti oleh Timnas Indonesia U-23.

Juga diputuskan PT LIB membatasi belanja klub sebesar Rp50 miliar setiap musim. Ini dilakukan untuk menjaga iklim bisnis yang sehat untuk mencegah pembelian pemain besar-besaran oleh klub Liga 1.

Sedangkan untuk hadiah juara Liga 1 2024/2025 akan naik dengan total Rp7,5 miliar. Sebelumnya Liga 1 menyediakan total hadiah sebesar Rp5 miliar. Musim depan Liga 1 akan kembali dengan format kompetisi penuh.

Pada RUPS, juga diumumkan perubahan struktur petinggi PT LIB. Hal ini sebagai bagian dari dinamika PT LIB sebagai perseroan.

Adapun perubahan terjadi pada strukturb direksi dan komisaris PT LIB. Pada posisi Direktur Utama PT LIB, tetap diisi oleh Ferry Paulus. Untuk Direktur Operasional juga masih diduduki oleh Asep Saputra.

Perubahan terjadi di kursi Direktur Keuangan PT LIB yang kini dipegang oleh Sadikin Aksa dari yang sebelumnya merupakan Komisaris PT LIB.

Kemudian pada Komisaris Utama PT LIB masih diisi oleh Zainudin Amali. Untuk posisi Komisaris PT LIB, sekarang dihuni oleh Teddy Tjahjono., menggantikan posisi Sadikin Aksa, dan Komisaris Indpenden PT LIB diduduki Muhammad Lutfi.

Teddy Tjahjono merupakan Direktur Olahraga PT Persib Bandung Bermartabat (PBB). “Selamat atas juaranya Persib Bandung dan berhak atas satu tempat komisaris di LIB, Teddy Tjahjono,” tandas Ferry Paulus.

RUPS PT LIB yang dihadiri oleh pemilik saham yang terdiri dari 18 peserta Liga 1 2024/2025 dan PSSI.