JAKARTA, Indotimes.co.id – Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (PB FOBI) memberikan apresiasi kepada dua tim barongsai Indonesia yang berhasil mengukir prestasi pada ajang Piala Presiden: First FOBI World Lion and Dragon Dance Championship 2024.

Ketua Umum PB FOBI Edy Kusuma., memberikan apresiasi kepada Tim Barongsai HBT Padang Sumatera Barat dan Tim Barongsai Kota Tangerang Banten, yang sukses meraih gelar juara dunia pada ajang yang berlangsung di Britama Arena, Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara, 17-19 Mei 2024 lalu.

Penghargaan diberikan langsung Ketum PB FOBI Edy Kusuma kepada Tim Sumatera Barat dan Tim Banteng di Seketariat PP FOBI Gedung Kaca Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Senin (24/6).

“Kami mengapresiasi setinggi-tinggi keberhasil Tim barongsai Sumbar dan Banten yang sukses merebut Piala Menham dan Piala Menpora di Piala Presiden: First FOBI World Lion and Dragon Dance Championship 2024. Ini mengantar Indonesia berhak meraih Piala Bergilir Presiden karena keluar sebagai juara umum. Piala Presiden tetap bertahan di Indonesia tidak terbang ke negara lain,” kata Edy, dalam sambutannya.

Edy mengatakan, tahun ini merupakan tahun kebanggaan masyarakat pecinta barongsai di Tanah Air. PB FOBI telah sukses menyelenggarakan Kejuaraan Barongsai Dunia di Jakarta pada Mei lalu.

Ini menjadi catatan tersendiri bagi PB FOBI, yang mampu menggelar event akbar dengan melibatkan 550 atlet dari 10 negara. Ini merupakan pagelaran pertama kali sejak PB FOBI diterima sebagai anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.

“Piala Presiden: First FOBI World Lion and Dragon Dance Championship 2024 ini juga untuk mendukung program sports industry and sports tourism (Industri olahraga dan wisata) yang digalakkan pemerintah. Dan kita sukses melaksanakan dengan para peserta mengatakan puas,” ungkap Edy.

Bukan itu saja, lanjut Edy pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) juga telah mengapresiasi atas penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Barongsai yang telah digelar PB FOBI.

Tentunya dengan sukses penyelenggaraan dan sukses pula meraih prestasi di Kejuaraan Dunia tersebut, OB FOBI berterima kasih kepada semua pihak yang turut mendukung kegiatan ini. Termasuk juga kepada dua tim barongsai, yaitu Tim Sumatera Barat dan Banten yang telah mampu meraih gelar juara.

Edy juga menyebut Kejuaraan Barongsai Dunia 2024 ini sebagai upaya untuk lebih meningkatkan prestasi Barongsai. Apalagi, KONI Pusat telah memasukkan barongsai dalam pertandingan eksebisi di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut.

“Ini merupakan kebanggaan Barongsai masuk dalam multi event nasional. Makanya, kita ingin barongsai Indonesia bisa lebih menonjol lagi. Kami secara khusus mengundang tim barongsai Sumbar dan Banten datang ke Jakarta sebagai apresiasi kami atas prestasi membanggakan yang telah mereka ukir,” terang Edy.

Sebagaimana diketahui pada Piala Presiden: First FOBI World Lion and Dragon Dance Championship 2024, tim barongsai HBT Padang, Sumatera Barat berhasil meraih gelar juara dunia untuk katagori Southern Lion Dance sedang tin barongsai Kota Tengerang Banten meraih gelar juara dunia katagori pekingsai kecepatan serta barongsai tradisional.