Ratusan Perenang Tua-Muda Ikuti 1st Nika Master Swimming Championship 2023

JAKARTA, Indotimes.co.id – Kejuaraan renang master bertajuk 1st Nika Master Swimming Championship 2023 diikuti ratusan perenang muda dan tua yang berlangsung di Kolam Renang Nika dengan panjang 25 meter, Bintaro, Minggu (28/5).

Renang master adalah lomba renang yang diikuti mulai usia 18 tahun ke atas, yang biasanya diikuti usia 30-100 tahun lebih. Kolam renang Nika 25 meter ini punya keistimewaan semi indoor dengan atap, juga punya lima lintasan dengan kedalaman 3 meter.

“PB PRSI dibawah kepengurusan Anindya Bakrie sangat aktif mempopulerkan renang master. Diharapkan dengan adanya 1st NIKA Master Swimming di kolam 25 meter ini populasi renang master makin bertambah. Juga bisa jadi contoh di berbagai daerah untuk membangun kolam 25 meter, supaya olahraga renang bisa meningkat prestasinya,” ujar Waketum PB PRSI, Harlin E. Rahardjo, di Jakarta, Kamis (25/5).

Pada ajang renang master ini diikuti 150 peserta dengan perenang tertua, yang tercatat di putri ada Kartini Sapardjiman berusia 83 tahun dan juga Rahardjo berusia 83 tahun. Turut hadir dalam press conference Agus Harianto berusia 70 tahun, Rara Nastiti dan Kabid Renang Master PB PRSI, Anita Sapardjiman serta Kabid Media & Promosi, Zoraya Perucha.

Dijelaskan Ketua Panitia, Rara Nastiti ada 10 orang yang berusia diatas 80 tahun. “Ini rekor tersendiri, banyak perenang diatas usia 80 tahun. Artinya akan menarik event ini, karena kolamnya 25 meter jadi banyak peminatnya. Lomba akan dimulai sejak pukul 08.00-17.00 WIB,” jelas Rara.

Ditambahkan Anita Sapardjiman, PB PRSI akan kembali mencanangkan program ayo Berenang pada Munasus PB PRSI Juli mendatang. “Tentu dengan adanya kejuaraan di Nika akan mendorong masyarakat untuk menggemari olahraga berenang. Di renang master ini punya motto fit, fun & friendship. Ibu saya usia 83 tahun, masih terus berenang dan bersyukur kesehatannya terjaga hingga kini. Selain itu kita bisa bahagia karena banyak pertemanan,” terang Anita.

“Dengan adanya master, saya bersyukur pada Allah. cucu dan cicit saya pakai medali yang saya dapat. Jadi renang ini bisa memotivasi orang-orang terdekat saya,” ujar Kartini.

“Bergembira dengan adanya fasilitas kolam renang seperti Nika kolam 25 meter. Terus terang saya olahraga berbaga macam cabor. Setelah pensiun saya justru hobi di renang, dan pertemanannya sangat kuat. Ibu Anita yang selalu rajin me-remind kita,” ujarnya Raharjo yang berusia 83 tahun.

Selain para perenang senior, para perenang yang masih aktif juga akan ikutan seperti peraih medali emas SEA Games 2023 I Gede Siman Sudartawa. Juga ada Pelatih polo air putra, Nikola Milosavlejic serta Ketua Dewan Pembina PB PRSI Sandiaga Uno yang juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Ketua Umum PB PRSI, Anindya Bakrie.

“Kita juga undang seluruh peraih medali di ajang SEA Games seperti Siman Sudartawa, Joe Aditya, Erick Ahmad Fathoni, Angel Gabriel Yus, Dwiki Raharjo dan lainnya,” imbuh Harlin.

Ajang 1st Nika Master Swimming ini diharapkan bisa meningkatkan popularitas cabang olahraga renang dan menggairahkan industri olahraga renang. Event ini disupport Transcoal Pacific, PT Bumi ResourceS Tbk, EMP, Petromine, Bakrie Pipe Industries, BTN Bobile, Dire Pratama, Anargya Aset Management, PT Adamas Teknologi Asia, BRM, The Jungle, Bakrie Sumatera Plantations, ANTV, tvOne, Vivat, Bakrie Amanah, Plaza Festival, ISG, Elite Club, Bakrie Capital Indonesia dan Tatamasa Group.

Dalam 1st Nika Master Swimming Championship di kolam 25 meter ada 14 nomor yang dipertandingkan.

Nomor lomba :
Pukul 08.00-12.00 WIB
1. 200 M freestyle
2. 25 M breastoke
3. 50 M backstroke
4. 4×25 M freestyle
5. 25 M butterfly
6. 50 M freestyle
7. 4×25 M medley (mix)

Pukul 13.30 – 17.30 WIB
8. 100 M individual medley
9. 50 M breaststroke
10. 25 M backstroke
11. 4×25 M frestyle (mix)
12. 50 M butterfly
13. 25 M freestyle
14. 4×25 M medley (men & woman)