- Advertisement -

Rebut Gelar Juara Dunia, Rizky Juniansyah Raih Tiket Olimpiade 2024 Paris

- Advertisement -

JAKARTA, Indotimes.co.id – Lifter angkat besi Indonesia Rizky Juniansyah membuat kejutan. Rizky sukses merebut 2 medali emas dan 1 perak kelas 73 kg pada Piala Dunia Angkat Besi atau IWF World Cup 2024 yang berlangsung di Phuket, Thailand, Kamis (4/4).

Dengan hasil ini, Rizky meraih tiket ke Olimpiade 2024 Paris dengan menyingkirkan lifter peraih perunggu Olimpiade 2020 Tokyo, yang juga rekanya di Pelatnas Angkat Besi, Rahmat Erwin Abdullah yang harus puas dengan meraih 1 perak dan 2 perunggu pada event seleksi menuju pesta olahraga akbar empat tahunan dunia tersebut.

Rizky yang tidak diunggulkan meraih 2 medali emas dari Angkatan Clean and Jerk 203kg dan total angkatan 365kg dan 1 perak dari angkatan Snatch 164kg.

- Advertisement -

Selain meraih medali emas angkatan Clean and Jerk 203kg, capai itu juga sekaligus memecahkan rekor dunia, dari tekor sebelumnya seberat 201 kg.

Sedan medali emas angkatan Snatch direbut lifter China, Shi Ziyong dengan angkatan Snatch 165kg dan medali perak total angkatan 356kg sedangkan angkatan Clean and Jerk 196kg hanya menempati peringkat kelima.

Sementara Rahmat Erwin Abdullah hanya meraih 1 perak dari Angkatan Clean and Jerk 206kg dan2 perunggu dari angkatan Snatch 16kg dan total angkatan 355kg.

“Rizky Juniansyah hampir dipastikan merebut tiket ke Olimpiade 2024 karena secara aturan dia yang terbaik di IWF World Cup 2024. Sayang, aturan IWF hanya memperkenankan 1 atlet setiap negara tampil di setiap kelas. Rizky dan Rahmat merupakan mutiara di angkat besi Indonesia dan punya peluang mempersembahkan medali emas dan perak di Olimpiade 2024 Paris,” kata Kepala Bidang Pembinaan Prestasi Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI), Hadi Wihardja yang dihubungi melalui WhatsApp, Kamis (4/4) malam.

Sementara itu, Ayah sekaligus pelatih Rahmat, Erwin Abdullah yang dihubungi secara terpisah, mengakui Rahmat memang kalah. Dan, dia juga tidak mempermasalahkan Rizky Juniansyah yang lolos ke Olimpiade 2024 Paris.

“Dalam dunia olahraga kalah menang itu hal biasa. Kita Ikhlas dan tawakal. Yang penting, Indonesia punya wakil di kelas 73kg pada Olimpiade 2024 Paris,” tandas Erwin Abdullah.

- Advertisement -
Exit mobile version