JAKARTA , Indotimes.co.id – Atlet senam putri Indonesia, Rifda Irfanaluthfi menyebut makin percaya diri jelang tampil di Olimpiade Paris 2024. Untuk persiapan maksimal, ia akan lebih dulu menjalani pemusatan latihan di Heereveen, Belanda.

Rencananya, Rifda akan bertolak ke Belanda pada Sabtu (15/6) pagi bersama dengan sang pelatih, Eva Novalia, sambil terus memulihkan kondisi cedera lututnya. Setelah dari Belanda, keduanya akan langsung menuju Paris untuk tampil di Olimpiade 2024.

“Kondisinya saat ini terasa sekali sangat ada peningkatan. Sekarang sudah lebih pede (percaya diri) lagi. Alhamdulillah lututnya sekarang jauh lebih baik, jauh lebih siap secara fisik dan mental. Alhamdulillah sekarang sudah didampingi oleh fisioterapis yang benar-benar menempel bersama saya selama training camp di Belanda,” kata Rifda.

Belanda menjadi pilihan pemusatan latihan karena menurut Rifda dari sisi adaptasi cuaca akan lebih mudah selain alat-alat latihannya disebut sangat bagus serta, aman dan nyaman. Di samping itu, lokasinya cukup dekat dengan Paris.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) Ita Yuliati, memastikan kondisi Rifda saat ini sudah siap untuk ke Olimpiade Paris 2024.

“Saat tahu kalau cedera, Rida sempat nangis dan bilang kalau ini adalah akhir dari segalanya. Tapi, saya biilang ini bukan akhir, kita akan berjuang bersama-sama. Alhamdulillah Rifda sudah bangkit lagi,” ungkap Ita.

“Saya sangat bangga, Alhamdulillah sekarang Rifda sudah betul-betul mantap ke Olimpiade. Saya bersyukur sekali, i’m very proud of her,” sebutnya.

Di sisi lain, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari, mengungkapkan keyakinannya pada Rifa. Terlebih, pesenam berusia 24 tahun itu merupakan atlet Indonesia pertama yang tampil di Olimpiade dari cabang olahraga senam.

“Ini momentum penting, karena Rifda orang Indonesia pertama yang berangkat ke Olimpiade dari cabor gymnastic. Masalah pede itu saya sangat yakin sekali sama Rifda. Kalau kemarin waktu cedera mungkin sakit, tapi ternyata makin dekat ke Olimpiade, sakitnya makin cepat hilang. Nanti di Olimpiade sudah hilang sama sekali sakitnya. Kenapa? Karena mindset-nya Rifda itu mindset juara, dan mindset juara itu hanya memikirkan memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” jelas Okto.

“Kita semua percaya ada Rifda ada Kak Ita, Ketua PB Persani yang akan memberikan warna terhadap Olimpiade Paris ini. Bukan hanya untuk Olimpiade Paris, tapi untuk Olimpiade-Olimpiade selanjutnya, dan perkembangan gymnastic secara keseluruhan,” tandad Okto, sarapan akrab Raja Sapta Oktohari.

Di Olimpiade Paris 2024, Tim Indonesia didukung oleh beberapa sponsor, termasuk Aice yang juga merupakan Olympic Parter, Lavani Jewelry juga Li-Ning. Dukung terus Tim Indonesia yang akan berjuang #MenjagaMerahPutih di Olimpiade Paris 2024.