JAKARTA, Indotimes.co.id – Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) sekaligus Ketua Dewan Pengurus Pusat Kick Boxing Indonesia (PP KBI), Airlangga Hartarto merealiasikan janjinya menggelar Airlangga Hartarto Cup Championships Fighting Series 2022.

Event yang mengkolaborasikan dua ilmu beladiri ini merupakan ide cemerlang Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian dalam upaya meningkatkan kualitas petarung kickboxing dan petarung Sanda Indonesia untuk menghadapi persaingan di kancah event internasional.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PB WI, Ngatino di Jakarta, Jumat (4/3), mengatakan, Kickboxing dan Sanda Wang Fighting Road to Airlangga Hartarto Cup Championships Fighting Series 2022 yang akan digelar di Studio 2 TVRI Jakarta, Sabtu (5/3) malam, akan menampilkan atlet pelatnas kickboximg dan atlet pelatnas Sanda.

“Kickboxing dan Sanda Wang Fighting yang akan disiarkan langsung TVRI ini untuk memicu sasana-sasana kickboxing dan Sanda di seluruh daerah agar meningkatkan pembinaan prestasi atletnya sebelum diterjunkan pada Airlangga Hartarto Cup Championships Fighting Series 2022. NSelain itu, event pertama ini sebagai contoh bagi daerah-daerah yang ingin menggelar Airlangga Hartarto Cup Championships Fighting Series 2022,” jelas Ngatino, yang juga Ketua Umum PP KBI.

‘Ini merupakan ide cemerlang dari Pak Airlangga Hartarto yang sudah diumumkan pada tahun 2021 dan akan dijadikan program pembinaan jangka panjang cabang olahraga wushu khusus Sanda dan kickboxing dalam upaya melahirkan petarung – petarung tangguh yang akan diandalkan dalam berbagai even internasional,” tambahnya.

Di Kickboxing dan Sanda Wang Fighting yang dihadiri langsung Airlangga Hartarto yang menampilkan 9 partai kickboxing dan 3 partai Sanda Wong, kata Wakil Ketua I PP KBI, Ahmad Arsani.

Menurutnya ajang ini akan dijadikan sebagai ajang seleksi khusus bagi atlet kickboxing yang dipilih memperkuat Tim Nasional (Timnas) Kickboxing Indonesia yang akan tampil pada SEA Games ke-31 di Hanoi, Vietnam, 12-23 Mei mendatang.

“Di SEA Games Hanoi 2022 nanti akan mempertandingkan 12 kelas. Jadi, PP KBI akan menseleksi atlet yang berkualitas dan berpeluang untuk bisa menyumbangkan medali,” tegasnya. 

“Ya, di Kickboxing dan Sanda Wang Fighting nanti bisa dilihat kualitas atlet pelatnas baik teknik, taktik, strategi dan mentalnya,” tambah Manajer Timnas Kickboxing Indonesia, Rossy Nurasjati sembari mengingatkan bahwa PP KBI merupakan satu-satunya organisasi kickboxing yang diakui World Association of Kickboxing Organization (WAKO).

Pada kesempatan itu, Ngatino menjelaskan  Airlangga Hartarto Cup Championships Fighting Series 2022 merupakan event yang paling tepat dalam meningkatkan prestasi atlet kickboxing dan sanda. Karena, event tersebut melahirkan atlet kickboxing dan sanda profesional.

“Atlet kickboxing dan sanda profesional itu bisa tampil di berbagai event karena tidak ada batasan amatir dan profesional. Makanya, kita mendorong mereka menjadi profesional agar bisa banyak mengikuti berbagai event untuk meningkatkan prestasi sekaligus menjadikannya sebagai profesi,” tandas Ngatino.