DENPASAR, Indotimes.co.id – Satria Muda Pertamina Jakarta sukses mencuri kemenangan di Game 1 IBL Tokopedia Playoffs 2023 di kandang Bali United. Tim asuhan Youbel Sondakh menang 73-61 atas Bali United Basketball Club, di GOR Merpati, Denpasar, Kamis (6/7).

Sukses Satria Muda, tak terlepas dari tim tuan rumah yang bermain di bawah tekanan. Lewat kemenangan tersebut Satria Muda unggul 1-0 atas Bali United.

Tampil buruk di kuarter pertama dimana Bali United tertinggal 9-24, mereka seperti membayar hutang di kuarter kedua, mereka berupaya keras mengejar ketinggalan angka.

Upaya ini muali mebuahkan hasil, saat kuarter ketiga, Bali United mulai menemukan irama permainannya kembali. Mereka bisa menipiskan jarak menjadi 11 angka (48-59), di akhir kuarter ketiga. Padahal Bali United tertinggal 19 angka saat pertandingan dilanjutkan kembali setelah turun minum.

Menyadari tim tuan rumah mulai bangkit permainannya, memasuki kuarter keempat, Satria Muda langsung tancap gas. Satria Muda menggebrak dengan slam dunk Richard Jackson. Namun GOR Merpati bergemuruh setelah three point, untuk Dewa United melalui Bima Riski bersarang di ring Satria Muda.

Puncaknya di pertengahan kuarter keempat, Julius Bowie berhasil membuat jarak terpangkas hingga tersisa lima poin saja (58-63). Tetapi sayang momentum ini terlepas, karena Satria Muda menambah lima angka melalui Ali Bagir.

Di menit-menit krusial, Bali United justru semakin tertekan. Dua kali turnovers dari Abraham Wenas membuat mereka dihukum Satria Muda. Mereka kembali tertinggal 12 angka (61-73) di tiga menit terakhir.

Sangat sulit bagi Bali United untuk bisa menyamakan kedudukan dengan skema serangan yang sering kali gagal karena turnovers.

Total di laga ini, Bali United melakukan 22 kali turnovers. Akhirnya Bali United harus menyerah di pertemuan pertama.
Tiga pemain Satria Muda mencetak double digit point, yakni Juan Laurent Kokodiputra (15 poin), Ali Bagir (12 poin), dan Elijah Foster (10 poin).

Dari kubu Bali United, Dior Lowhorn mencetak 16 poin, disusul Sandy Febiansyakh (14 poin), dan Julius Bowie (13 poin).

Secara statistik, Satria Muda unggul point in the paints dengan 42 poin. Sementara dari 22 turnovers Bali United, Satria Muda bisa mengkonversi jadi 23 poin.

Dengan modal keunggulan 1-0, Satria Muda akan memainkan Game 2 di kandang sendiri, Britama Arena Jakarta. Kalau mereka menang, maka Satria Muda akan berhadapan dengan Pelita Jaya di babak semifinal.

Prawira Harum Bandung Amankan Poin Game 1

Prawira Harum Bandung membuka asa lolos ke semifinal, setelah mengamankan poin kemenangan atas tuan rumah Bumi Borneo Basketball Pontianak, di Game 1 IBL Tokopedia Playoffs 2023, di Britama Arena, Jakarta, Kamis (6/7) malam.

Prawira unggul tipis setengah bola 79-78, saat menundukan Bumi Borneo. Brandone Francis menjadi pahlawan kemenangan Prawira, saat mencuri kemenangan di games pertama ini, dengan torehan poin di sisa 10 detik terakhir, sekaligus membawa tim asal ‘Kota Kembang’ ini unggul 1-0 atas Bumi Borneo.

Prawira berpeluang lolos ke semifinal, saat mereka menjamu Bumi Borneo pada playoffs game 2 di C-Tra Arena, Bandung, pada Sabtu (8/7).