JAKARTA, Indotimes.co.id – Petenis Jawa Barat, Rifqy Sukma Ramadhan Sumiarsa (20 tahun) mengincar peluang masuk skuad inti tim Piala Davis Indonesia. Lajang asal Bogor itu harus berjibaku menyegel posisi itu melawan wakil ibu kota, Claudio Renardi Lumanauw (18) pada Seleksi Nasional di Lapangan Tenis Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, Jumat (6/1).

“Optimistis bisa memenuhi target, masuk tim Piala Davis Indonesia,” ucap petenis yang akrab disapa Rama ini.

“Sudah sering lawan Claudio, saya selalu menang. Terakhir di final invitasi BIN, akhir 2022,” imbuhnya.

Berada di Grup Atet Wijono, baik Rama maupun Claudio sama-sama telah mengantongi dua kemenangan. Pemenang partai tersebut bakal mendampingi Anthony Susanto yang tak terkalahkan dalam tiga pertandingan.

Sementara itu, David Agung Susanto dan Lucky Candra Kurniawan akan saling berhadapan untuk menentukan juara Grup Yustedjo Tarik. Kedua petenis, sama-sama belum terpatahkan dalam tiga laga.

Empat petenis terbaik hasil Seleknas ini bakal bergabung dengan trio Christopher Rungkat, Muhammad Rifqi Fitriadi dan Nathan Anthony Barki yang telah menghuni tim Piala Davis Merah Putih.

“Seleksi tetap berjalan, termasuk melihat hasil dari dua turnamen ITF M15 di Jakarta, pertengahan bulan ini,” tutur Ketua Bidang Pembinaan PP Pelti, Suharyadi.

Lebih lanjut, peraih emas tenis ganda campuran Asian Games 1990 itu menambahkan bahwa tenggat daftar untuk tim Piala Davis adalah 24 Januari 2023.

“Kami akan memilih lima petenis terbaik untuk menghadapi Vietnam dari tujuh pemain yang tersedia. Tentu saja ada banyak pertimbangan utamanya yang sesuai dengan kebutuhan tim,” tandas Harry.

Indonesia akan bertandang ke Tu Son City, sekitar satu jam perjalanan darat dari ibukota Hanoi untuk menghadapi tuan rumah Vietnam di babak Play Off Grup ll Piala Davis, 4-5 Februari 2023.