JAKARTA, Indotimes.co.id  – PT Liga Indonesia Baru (LIB)l selaku operator kompetisi Liga 1 dan Liga 2, memastikan gelaran Kompetisi Luga 1 akan digelar pada 20 Agustus 2021 mendatang.

Keputusan itu diambil, setelah menggelar pertemuan secara virtual dengan perwakilan klub-klub Liga 1.

Direktur PT LIB Akhmad Hadian Lukita, mengatakan dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh jajaran PSSI itu,  seluruh klub telah menyatakan kesiapannya Liga 1 bergulir 20 Agustus 2021.

“Kami sampaikan bahwa tadi jam 14 – 16, kami adakan zoom meeting dengan klub-klub liga 1. Perwakilan PSSI dihadiri Ketum, Waketum dan Sekjen,” kata Hadian dalam konferensi pers secata virtusl,  Rabu (4/8) malam.

Menurutnya semua pihak sepakat bahwa liga 1 akan tetsp kick off 20 Agustus 2021. “Banyak hal teknis juga yang dibahas, terutama bagaimana kita menjalankan kompetisi dengan baik, soal jadwal, soal time line dan beberapa hal lainnya,” jelas Hadian.

Baca juga :  PSSI Fokus Persiapan Piala Dunia U-20

Ditambahkannya pihaknya juga memutuskan untuk tetap memusatkan  Kompetisi Liga 1 2021 tetap di Pulau Jawa, seperti rencana semula.

Selain membahas soal kesiapan  Kompetisi Liga 1, juga dibahad hal-hal lainnya, termasuk sponsor utama kompetisi serta hak siar sponsor televisi yang mendukung kompetisi Liga 1.

Hadian tidak menjelaskan rinci pihsk mana usng jsdi spinsor utama, namun dipastikann launching sponsor Liga 1 akan dilakukan dalam waktu dekat ini, pada 12 Agustus mendatang.

Sementara itu, Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno menjelaskan untuk format pertandingan Liga 1 sendiri tidak ada perubahan dari yang sudah direncanakan.

Liga 1 tetap akan menggunakan sistem series yang terbagi menjadi tiga klaster dan penerapan protokol kesehatan ketat.

“Format kompetisi masih gunakan sistem series. Seri 1 – 6 dan tiga klaster, sesuai rencana awal, kemudian setiap seri ada jeda juga. Kita akan mulai dari Jakarta, sebagai Jawa Barat dan Banten” ujar Sudjarno.

Baca juga :  INAPGOC Pastikan Kesiapan Bandara Soetta Hadapi Asian Para Games 2018

Menyinggung Kompetisi Liga 2, Sudjarno memastikan teysp akan digelar setelah Kompretisi Luga 1 bergulir.

Menurutnya PT LIB saat ini masih sibuk menyelesaikan soal persiapan Liga 1 agar nantinya kompetisi bisa bergulir sesuai rencana. Setelah Liga 1 selesai, PT LIB akan langsung menyelesaikan masalah teknis penyelenggaraan untuk Liga 2.

“Setelah menggelar pertemyan dengan klub peserta Liga 1. Kami segera menggelar pertemuan denfan klub-klub peserta Liga 2 dalam waktu dekat ini,” tambahnya.

Dikatakannya kalau Liga 1 sudah bergulir, maka secepatnya juga digelar Kompetisi Liga 2. “Kita perkirakan Kompetisi Liga 2 sudah dapat bergulir antara awal atau pertengahan September mendatang” tandasnya.