TEBO, Indotimes.co.id – Sepeda Nusantara 2018 Etape Tanggo Rajo di Kabupaten Tebo, Jambi, berlangsung, Minggu (14/10). Kegiatan yang merupakan salah satu program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di bawah payung “Ayo Olahraga” itu diikuti ribuang peserta dari wilayah Kabupaten Tebo dan sekitarnya.

Sepeda Nusantara 2018 di Kabupaten Tebo dilepas secara resmi oleh Bupati Tebo, H. Sukandar dan Ibu Hj. Saniatul Lativa, yang juga anggota Komisi V DPR-RI, dan Asisten Deputi III Kemenpora, Drs. Teguh Raharjo ini berlangsung meriah.

Selain Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tebo, Asisten Deputi III Kemenpora, Teguh Raharjo, juga beberapa pejabat setempat ikut menggowes sepeda yang menempuh jarak 15 Km dengan mengambil start di Lapangan Merdeka, Kecamatan Tebo Tengah, yang merupakan Ibukota Kabupaten Tebo, dengan rute diantaranya, wisata religi Makam Sultan Thaha, Mesjid Agung, Kawasan Olahraga Stadion Kabupaten Tebo.

Baca juga :  Tim Piala Federasi Indonesia Bertahan di Grup I Asia Oseania

Acara Sepeda Nusantara kali ini juga dikaitkan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Tebo yang ke-19. Kegiatan ini diikuti oleh ribuan peserta yang berasal dari seluruh penjuru Provinsi Jambi.

“Kami berterima-kasih kepada Kemenpora, yang telah menempatkan daerah kami dari sekian banyak titik di seluruh Indonesia. Ini satu kehormatan bagi kami karena melalui olahraga sepeda dapat terjalin silahturahmi dan kebersamaan,” kata Bupati Tebo, H.Sukandar usai mengikuti kegiatan ini.

Sukandar, mengatakan, masyarakat Kabupaten Tebo sangat menggemari kegiatn olahraga. Untuk mendukung kegiatan itu, pihaknya juga telah menyiapkan sarana dan prasarana yang cukup menunjang seperti pembangunan Komplek Olahraga di Kecamatan Tebo Tengah seluas 15 hektar dengan fasilitas Stadion Utama Kabupaten Tebo yang memiliki kapasitas 22 ribu penonton.

Selain membangun fasilitas trek untuk Jogging dibeberapa tempat khususnya tempat wisata Tanggo Rajo, dan di pinggiran Sungai Batang Tebo.

Baca juga :  Kemenpora Gelar Media Gathering Bertajuk 'Indonesia Menuju Olimpiade 2021'

“Proses pembangunan stadion tinggal tahapan finishing saja. Kami berharap dapat bantuan dari pemerintah untuk ikut membangun beberapa fasilitas olahraga lainnya di kawasan itu,” jelas Sukandar.

Terpisah, anggota Komisi V DPR-RI, Hj.Saniatul Lativa, SE.MM yang hadir daam kegatan ini mengatakan, Sepeda Nusantara 2018 merupakan salah satu upaya sarana promosi daerahnya. “Kami berharap Kabupaten Tebo mendapat perhatian dari pemerintah untuk bersama membangun kabupaten ini,” tandasnya.

Sementara itu, Asisten Deputi III Kemenpora, Drs. Teguh Raharjo mengatakan, tahun ini Indonesia mencatat sebagai tahun olahraga, selain tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018, program lainnya yang cukup strategis dan potensial yakni melalui program Ayo Olahraga.

“Ini merupakan ajakan pemerintah pusat, ini khususnya di Kabupaten Tebo sangat antusias. Ini bisa dijadikan role model bahwa program ini sangat tepat dan di respon positif masyarakat. Target mengajak masyarakat Indonesia Bugar bisa tercapai. Ujung tombaknya diberbagai kabupaten-kabupaten di seluruh Indonesia,” pungkas Teguh.