Shin Tae-yong : Lawan Argentina, Saatnya Pemain Timnas Tunjukan Kemampuan Terbaik Mereka

JAKARTA, Indotimes.co.id – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menekankan kepada para pemainya untuk tampil maksimal, menghadapi tim sekelas Argentina yang merupakan tim nomor satu dunia (Juara Piala Dunia). Ini pelajaran berharga bagi timnas, mental pemain harus bagus, tak pelru gentar, setidaknya para pemain dapat memberikan perlawanan, bahkan memberikan kejutan kepada Argentina, saat laga nanti.

“Sejujurnya saya ingin memberikan kejutan. Tapi bukan saya yang bisa melakukannya, melainkan pemain sendiri yang harus menunjukkannya di lapangan,” kata Shin Tae-yong, dalam keterangan persnya jelang laga melawan Argentina, Minggu (18/6).

Timnas Indonesia akan menjamu Argentina dalam pertandingan persahabatan atau FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Senin (19/6) malam.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan persiapan Timnas Indonesia untuk menghadapi Argentina berjalan baik. Skuat Garuda sudah melakukan latihan di Jakarta sejak Kamis (15/6).

“Kondisi para pemain pun baik semua, kecuali Sandy Walsh yang cedera dan sedang menjalani pemulihan,” ujar pelatih berusia 53 tahun itu.

Ditanya apakah dirinya mampu membuat kejutan kepada tim Argentina dalam laga ini, seperti yang pernah dia lakukan saat memimpin timnas Korsel saat menundukan Jerman 2-0 di Piala Dunia di Rusia beberapa waktu lalu. Shin Tae-yong menegaskan hal itu bisa saja terjadi, namun harus ingat lanjutnya saat itu peringkat tim Korsel masuk 50 besar dunia, kala menundukan Jerman.

“Semuanya itu tergantung kepada para pemain timnas saat tanding dilapangan nanti, kalau motivasi dan mental mereka kuat, kenapa tidak,” kilah Shin Tae-yong.

Menyinggung Argenrtina yang akan menurukan pemian lapis kedua saat menghadapi timnas Indonesia, secara tegas Shin Tae-yong mengatakan Argentina dalah tim nomor satu dunia, siapapun pemain yang mereka turtnkan kualitasnya sama.

“Saya pikir siapapun pemain yang diturunkan di timnas Argenrtina nanti taka da pengaruhnya, mereka tetap tim terbaik di dunia. Walaupuan tidak ada Lionel Messi, Angel Di Maria, dan Nicolas Otamendi di tim Argentina, tidak akan menguraangi permainan mereka, karena mereka memang memiliki para pemain yang berkelas, dimana seluruh pemain tersebut merumput di luar negeri,” tandas Shin Tae-yong.

Sementara itu, tombak Timnas Indonesia, Dimas Drajad, menyatakan kesiapannya untuk menjalankan instruksi yang diberikan Shin Tae-yong. Dia berharap bisa memberikan penampilan maksimal.

“Sangat senang bermain melawan juara Piala Dunia (2022). Semoga kita bisa memberikan yang terbaik, bermain dengan apa yang diminta coach Shin (Tae-yong),” ujarnya.

Dimas mengakui bahwa pertandingan kontra Argentina tidak akan berjalan mudah. Absennya Angel di Maria dan Lionel Messi diyakini tidak akan berpengaruh..

Pasalnya, juru taktik Argentina, Lionel Scaloni, masih mempunyai para pemain pengganti yang kualitasnya juga sangat baik. Nama-nama seperti Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister, Rodrigo de Paul, Alejandro Garnacho, Julian Alvarez, Nicolas Gonzales dan Giovanni Simeone bisa jadi momok berbahaya bagi Tim Merah-Putih.

“Memang tidak mudah lawan juara dunia. Tapi kita akan maksimal, harapannya masyarakat mendukung kita dan semoga kita bisa memberikan yang terbaik,” tutur penyerang asal klub Persikabo 1973 tersebut.