Silaturahmi dengan Ketum KONI Pusat, Plt Menpora Bahas Persiapan PON 2024 Aceh-Sumut

JAKARTA, Indotimes.co.id – Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Muhadjir Effendy menyambangi Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Pur) Marciano Norman di Kantor KONI Pusat Gedung Piramid Senayan Jakarta, Selasa (21/3) petang. Muhadjir yang hadir didampingi Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro bersilaturahmi dengan Marciano Norman dan jajaran pengurus KONI Pusat.

Kehadiran Plt Menpora disambut hangat Ketua Umum KONI Pusat dan jajarannya, di lantai 12 kantor induk dari organisasi olahraga di tanah air tersebut. Marciano menjelaskan secara detail terkait tugas dan fungsi KONI dalam menjalankan amanah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan untuk melakukan pembinaan atlet secara berjenjang.

Sesuai pertemuan Plt Menpora mengatakan dirinya merasa senang bisa bersilaturahmi dengan pengurus KONI Pusat. “Meskipun saya Plt Menpora, tapi saya ingin bekerja seperti definitif. saya akan banyak mendengar masukan-masukan dari beberapa stakeholder olahraga,” ujar Muhadjir.

Menurut Muhadjir pertemuannya dengan jajaran pengurus KONI Pusat tadi membahas terkait persiapan PON 2024 yang diadakan di Aceh dan Sumut. “Kita akan terus melakukan koordinasi agar pelaksanaan PON 2024 di Aceh dan Sumut nanti berjalan dengan lancar. Termasuk saya juga mendapatkan laporan terkait persiapan atlet menuju Asean Games 2023 Kamboja dan Asian Games Hangzhou 2023,” jelas Muhadjir.

Sementara, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman menyampaikan persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 dimana tuan rumahnya adalah Aceh dan Sumatera Utara yang akan di laksanakan bulan September tahun depan.

Menurut Marciano, saat ini KONI terus melakukan koordinasi dengan PB PON baik pusat dan daerah untuk mempersiapkanya dengan baik. “Untuk Sumatera Utara sampai saat ini tidak ada masalah dan koordinasi berjalan dengan baik, mungkin untuk Aceh yang butuh percepatan untuk pembangunan stadion sebagai salah satu tempat penyelenggaraan PON nanti. Dan saat ini semua daerah sudah menjalankan pelatda untuk menghadapi PON 2024 nanti,”lanjutnya.

Marciano juga menyampaikan saat ini KONI Pusat tengah memberi perhatian kepada daerah yang masuk dalam Otonomi Daerah (Otda) yang sedang melakukan pembentukan KONI baru. “Kita juga menyampaikan kepada pak Plt Menpora terkait otda yang akan mendirikan KONI. Kita mendukung pembentukan KONI baru di daerah sebagai wujud pembinaan atlet daerah,” tandas Marciano.